POHON RINDANG Aksi Perubahan Pelayanan Publik, Cikal Bakal Media Center di Langkat

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Langkat melalui Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) melaksanakan implementasi POHON

Editor: Ismail
Dok. Pemkab Langkat
Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Langkat melalui Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) melaksanakan implementasi POHON RINDANG, bertempat di Kantor Dinas Kominfo Langkat, Stabat, Rabu (21/12/2022). 

TRIBUN-MEDAN.COM, LANGKAT - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Langkat melalui Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) melaksanakan implementasi POHON RINDANG, bertempat di Kantor Dinas Kominfo Langkat, Stabat, Rabu (21/12/2022).

Kabid IKP Diskominfo Langkat, Muhammad Faisal SE MIKom adalah reformer atau project leader dari POHON RINDANG. Dijelaskannya POHON RINDANG adalah akronim atau singkatan dari "Pojok Permohonan Informasi dan Konfirmasi Berita yang Benar dan Berimbang".

Project ini menjadi aksi perubahan dalam pelayanan publik pada kepemimpinan transformasional di era Digital 4.0 yang serba cepat ini.

Kehadirannya untuk memudahkan masyarakat umum maupun wartawan mendapatkan informasi publik dan mengkonfirmasi suatu kebijakan, berita, ataupun informasi yang berkaitan dengan Pemerintahan.

Intinya POHON RINDANG sebagai wadah penyambung lidah/perantara bagi para pencari informasi dengan penyedia informasi. Sehingga arus informasi dan komunikasi publik yang dijalankan oleh Diskominfo Langkat dapat berjalan secara maksimal.

"Keberadaan POHON RINDANG untuk membantu bagi siapa saja mendapatkan informasi yang benar dan tepat. Juga diharapkan dapat meminimalisir disinformasi maupun miss informasi yang dapat berujung kepada berita Hoax maupun pencemaran nama baik," paparnya.

POHON RINDANG sendiri, kata Faisal, berupa suatu Ruangan Khusus berisi perangkat pendukung dan tim efektif yang berada di Kantor Diskominfo Langkat. Diskominfo merupakan instansi Perangkat Daerah di Pemkab Langkat, berlokasi di Jalan Tengku Imam Bonjol Nomor 57 Kelurahan Kwala Bingai Kecamatan Stabat.

Diungkapkan Alumni 14 MIKom FISIP USU itu, bahwa POHON RINDANG ini nantinya akan menjadi embrio (cikal bakal) untuk terlaksananya pembangunan “Media Center” di lingkungan Pemkab Langkat, ini menjadi proyek jangka panjang.

"Media Center akan menjadi tempat Central Informasi, dan mengakses serta mengontrol arus informasi dan komunikasi publik sesuai dengan perintah Undang-Undang No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik," jelasnya.

Sembari memaparkan selama ini Bidang IKP Diskominfo Langkat sudah menjalankan tugas pokok dan fungsinya yaitu melakukan publikasi dan liputan kegiatan di pemerintah daerah. Juga menyebarkan informasi keterbukaan publik melalui kanal-kanal informasi seperti Facebook (Diskominfo Langkat), Instagram (diskominfo_langkat), Twitter (@diskominfolangkat), Youtube (Info Langkat), Website (www.langkatkab.go.id).

Publikasi juga di lakukan pada media-media kerjasama baik media cetak/koran maupun online (siber). Serta sudah menjalankan aplikasi website dari pemerintah pusat seperti kanal pengaduan masyarakat LAPOR-SP4N dari KemenPAN RB, dan Kanal Website PPID (pejabat pengelola informasi dan dokumentasi) dari Kementerian Dalam Negeri.

Pelaksanaan Aksi Perubahan ini merupakan hasil implentasi dari Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) Angkatan V BPSDM Provsu yang diikuti Faisal sejak September hingga Desember 2022.

Aksi perubahan merupakan salah satu syarat untuk menyelesaikan Diklat PKA atau dulu yang disebut Diklat PIM 3.

"Ini merupakan hasil implementasi dari pendidikan yang saya ikuti pada Diklat PKA angkatan V BPSDM Provsu. Saat ini sudah rampung tinggal mengikuti seminar laporan pada 26-27 Desember ini," ungkap Faisal.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved