Breaking News:

Pakpak Bharat

Rapat Dengan Tim BWS Sumatera II, Bupati Franc Tumanggor Ingatkan Percepatan Program SPAM Sapo Pulo

Bupati Pakpak Bharat Franc Bernhard Tumanggor mengadakan pertemuan dengan Tim Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera II yang datang ke Pakpak Bharat.

Editor: Abdi Tumanggor
Diskominfo Pakpak Bharat
Bupati Pakpak Bharat Franc Bernhard Tumanggor mengadakan pertemuan dengan Tim Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera II yang datang ke Kabupaten Pakpak Bharat, Sumatera Utara, Kamis (11/1/2023). 

TRIBUN-MEDAN.COM - Bupati Pakpak Bharat Franc Bernhard Tumanggor mengadakan pertemuan dengan Tim Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera II yang datang ke Pakpak Bharat, Kamis (11/1/2023).

Beberapa rancangan dan program yang menjadi pembahasan dalam pertemuan ini di antaranya rencana pembangunan SPAM Sapo Pulo, pembangunan infrastruktur kawasan Food Esate, survei penyediaan air baku untuk kawasan food estate, serta beberapa program lainnya.

Seperti pelaksanaan program SPAM Sapo Pulo yang akan dipercepat pelaksanaannya. "Saya mau semua program kita dipercepat, kalau bisa di awal 2023 inilah kita segera start, jadi masyarakat bisa sesegera mungkin menikmati hasil pembangunan ini,"ujar Bupati Franc Tumanggor dalam rapat ini.

Pertemuan Bupati Franc dan Tim BWS Sumatera II
Bupati Pakpak Bharat Franc Bernhard Tumanggor mengadakan pertemuan dengan Tim Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera II yang datang ke Kabupaten Pakpak Bharat, Sumatera Utara, Kamis (11/1/2023).

Perwakilan BWS Sumatera II, Hastiono, menjelaskan pembangunan SPAM Sapo Pulo saat ini sedang dalam proses lelang di BWS Sumatera II, Medan. "Saat ini sedang dalam tahap lelang tender, mohon bersabar bapak-bapak semua,"jelas dia.

Namun demikian, kata Hastiono, karena keterbatasan anggaran yang dimiliki saat ini, maka program SPAM Sapo Pulo ini akan dilaksanakan secara bertahap.

Program SPAM Sapo Pulo sendiri diharapkan bisa menambah ketersediaan air bersih utuk melayani kebutuhan air bersih di Kota Salak dan beberapa kecamatan lain di sekitarnya di Kabupaten Pakpak Bharat.

Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Pakpak Bharat terus mengebut pengerjaan lahan food estate di Desa Ulumerah, Kecamatan Sitellu Tali Urang Julu, Pakpak Bharat. Hal ini disampaikan Plt. Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Pakpak Bharat, Adei Johan Banurea, Sabtu (24/12/2022).
Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Pakpak Bharat terus mengebut pengerjaan lahan food estate di Desa Ulumerah, Kecamatan Sitellu Tali Urang Julu, Pakpak Bharat. Hal ini disampaikan Plt. Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Pakpak Bharat, Adei Johan Banurea, Sabtu (24/12/2022). (Diskominfo Pakpak Bharat)

Sebelum mengadakan rapat ini, Tim BWS Wilayah Sumatera II bersama Tim dari Dinas PUTR Hub Pakpak Bharat, Dinas Ketahanan Pangan Dan Pertanian serta beberapa pemangku kepentingan lainnnya meninjau langsung lokasi pembangunan food estate di Desa Ulumerah guna mengadakan survei langsung mengenai kebutuhan air baku untuk kebutuhan program nasional lumbung pangan baru ini.

Hal ini mengingat bahwa ketersediaan air baku menjadi salah satu syarat penting bagi keberlangsungan program food estate ini.

Tim BWS Sumatera II melakukan survei ketersediaan debit air baku, mengukur penempatan raservoar beserta titik-titik pembangunan embung untuk mensuplay kebutuhan pengairan pertanian di lokasi food estate ini. 

(*/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved