Breaking News:

Info Kesehatan

CARA Mengatasi Rasa Lemas Saat Menstruasi, Seksolog dr Boyke Anjurkan Konsumsi Buah dan Sayur Ini

Selain kram perut, sakit pinggang, dan perubahan suasana hati, beberapa wanita juga mengeluh lebih mudah lelah dan cenderung kehilangan energi.

Penulis: Istiqomah Kaloko | Editor: Ayu Prasandi
Thinkstockphotos
Ilustrasi 

TRIBUN-MEDAN.COM - Pakar seksologi dr Boyke membagikan tips untuk mengatasi tubuh lemas saat periode menstruasi.

Setiap wanita pasti mengalami haid ataupun menstruasi setiap bulannya. Menstruasi adalah keluarnya darah dari vagina yang merupakan bagian dari proses organ reproduksi wanita untuk mempersiapkan kehamilan.

Menstruasi pertama kalinya bisa datang lebih cepat atau bahkan lebih lambat. Namun, rata-rata siklus menstruasi pertama dimulai pada usia 12 tahun, atau dua hingga tiga tahun setelah payudara membesar. Siklus menstruasi ini akan berlanjut hingga usia menopause.

Bagi sebagian wanita, menstruasi merupakan masa yang sulit dimana pada periode ini, wanita akan mengalami sejumlah gejala tidak nyaman sebelum dan selama menstruasi.

Baca juga: Kemungkinan Hamil di Usia 50an, Begini Cara Menghindarinya Menurut dr Boyke

Selain kram perut, sakit pinggang, dan perubahan suasana hati, beberapa wanita juga mengeluh lebih mudah lelah dan cenderung kehilangan energi.

Kondisi inilah yang kemudian membuat wanita sering uring-uringan dan mengalami gangguan mood. Menurut dr Boyke, situasi ini terjadi lantaran hormon estrogen dan progestoron pada wanita mengalami penurunan yang sangat drastis.

"Menstruasi itu berkaitan dengan siklus hormonal, oleh karena itu sering kali wanita saat menstruasi mengalami gangguan mood karena saat menstruasi hormon estrogen dan hormon progesteron itu mengalami penurunan yang drastis," kata dr Boyke dikutip Tribunmedan.com dari kanal YouTube Sonara FM, Jumat (13/1/2023).

Menurunnya hormon estrogen dan progesteron itulah yang kemudian menyebabkan wanita menjadi lebih sensitif dan mengalami perubahan mood yang begitu cepat.

"Akibatnya wanita- wanita menjadi lebih sensitif, para wanita harus menyadari bahwa sensitifitas pada saat menstruasi itu juga bisa mengganggu lingkungan, menjadi bete, mudah sekali marah, sebenarnya itu berkaitan dengan siklus hormonal," lanjut dr Boyke.

Selama periode menstruasi, seorang wanita akan mengeluarkan banyak darah dimana darah tersebut merupakan selaput lendir rahim yang mengandung banyak hemoglobin.

Baca juga: 5 Penyebab Berhubungan Intim Terasa Tidak Nikmat Menurut dr Boyke

Alhasil, keluarnya darah tersebut membuat seorang wanita menjadi terasa lemas saat sedang masa haid.

"Karena pada saat menstruasi memang tubuh mengeluarkan apa yang disebut dengan darah, sebenarnya adalah selaput lendir rahim yang banyak mengandung hemoglobin sehingga tubuh terasa kadang kadang terasa lemas," ucap dr Boyke.

Oleh sebab itu, untuk mengatasi rasa lemas saat menstruasi, seksolog dr Boyke menyarankan agar rajin mengonsumsi zat besi.  Zat besi tersebut dapat diperoleh dari sayur bayam ataupun buah naga.

"Pada saat haid juga sebaikanya mengonsumsi bayam atau boleh juga buah naga, ini banyak mengandung zat besi," ujar dr Boyke.

(cr31/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved