Pemko Siantar

Penjelasan Pemko Siantar Soal Batalnya Imlek Fair, Jangan Digiring ke Hal Lain

Pemerintah Kota (Pemko) Pematang Siantar secara resmi memberikan klarifikasi kronologi rencana pelaksanaan Imlek Fair Tahun 2023

Editor: Ismail
Dok. Pemko Siantar
Klarifikasi Media Center Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Pematang Siantar, Selasa (17/01/2023) siang. 

TRIBUN-MEDAN.com, SIANTAR - Pemerintah Kota (Pemko) Pematang Siantar secara resmi memberikan klarifikasi kronologi rencana pelaksanaan Imlek Fair Tahun 2023 dan penertiban bazar di Jalan Perintis Kemerdekaan Kelurahan Proklamasi Kecamatan Siantar Barat. Klarifikasi disampaikan di Media Center Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Pematang Siantar, Selasa (17/01/2023) siang.

Hadir dalam klarifikasi tersebut, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setdako Pematang Siantar Junaedi A Sitanggang SSTP, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) Drs Robert Samosir, Plt Kepala Dinas Perhubungan Drs Julham Situmorang MSi, Sekretaris Dinas Pariwisata Hamam Sholeh AP, Lurah Proklamasi Kecamatan Siantar Barat Bachtiar Effendi SE, serta Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Johannes Sihombing SSTP MSi.

Sekretaris Dinas Pariwisata Kota Pematang Siantar Hamam Sholeh AP memaparkan kronologi rencana kegiatan Imlek Fair Tahun 2023. Disampaikan Hamam Sholeh, rencana kegiatan Imlek Fair Tahun 2023 diawali dengan kedatangan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pematang Siantar bersama dirinya menemui pimpinan PT STTC, Kamis (29/12/2022).

Saat itu sekitar pukul 10.0 WIB, Sekda dan Hamam Sholeh memohon izin kepada pimpinan PT STTC untuk menggunakan eks rumah dinas Bupati Simalungun yang berada di Jalan Perintis Kemerdekaan, agar bisa digunakan sebagai lokasi kegiatan Imlek Fair Tahun 2023.

Sorenya, sekitar pukul 17.00 WIB, diadakan pertemuan di ruang rapat Pimpinan STTC yang dihadiri Sekda, Pimpinan STTC dan jajarannya, pihak Satkom Gajah Mada Harry Darmawan, dan Hamam Sholeh. Dalam kesempatan tersebut, dilakukan presentasi rencana Imlek Fair terkait waktu, lokasi, dan rangkaian acara.

Saat itu, disepakati Imlek Fair dilaksanakan sebelum perayaan Imlek Fair tanggal 22 Januari 2023, dengan lokasi di eks rumah dinas Bupati Simalungun, Jalan Perintis Kemerdekaan.

Hari itu juga, Satkom Gajah Mada didampingi pihak Denpom 1/I Kota Pematang Siantar menemui Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani SpA di rumah dinas wali kota, Jalan MH Sitorus. Tujuannya, meminta arahan terkait rencana kegiatan Imlek Fair.

“Wali Kota Pematang Siantar sangat mendukung pelaksanaan Imlek Fair. Selanjutnya beliau meminta Satkom Gajah Mada untuk berkoordinasi dengan Dinas Pariwisata Kota Pematang Siantar terkait teknis kegiatan,” terang Hamam Sholeh.

Setelah tahun baru 2023, tepatnya di hari pertama kerja tahun 2023, Senin (02/01/2023), dr Susanti melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke kantor Dinas Pariwisata. Saat itu, kata Hamam Sholeh, dr Susanti memberi arahan terkait rencana pelaksanaan Imlek Fair dan meminta Dinas Pariwisata berkoordinasi dengan Satkom Gajah Mada untuk pelaksanaannya.

Keesokan harinya, Selasa (03/01/2023), Hamam Sholeh menghadap ke Dandenpom 1/I Pematang Siantar guna mengkoordinasikan atau bersinergi arahan pelaksanaan Imlek Fair. Saat itu, Dandenpom mengatakan pada prinsipnya akan ikut dengan rencana yang telah disusun Pemko Pematang Siantar. Dandenpom juga memberi arahan dan masukan agar kepanitiaan melibatkan Satkom Gajah Mada dan meminta agar kegiatan Imlek Fair dapat memberi kesan yang baik.

Hari berikutnya, Rabu (04/01/2023) Dinas Pariwisata bersama Satkom gajah Mada didampingi Wadandenpom 1/I Pematang Siantar menemui dr Susanti untuk menyampaikan rencana final Imlek Fair. Terkait waktu pelaksanaan, saat itu disampaikan tanggal 10-20 Januari 2023, di eks rumah dinas Bupati Simalungun, ditambah di Jalan Perintis Kemerdekaan dengan konten acara kegiatan sosial, pameran/bazar, dan hiburan.
Namun, setelah melalui diskusi akhirnya diputuskan lokasi hanya menggunakan eks rumah dinas Bupati Simalungun, dengan jadwal 10-20 Januari 2023 dan atau menyesuaikan dengan kesiapan panitia.

Kamis (05/01/2023) sekitar pukul 15.00 WIB, Hamam Sholeh mendapat informasi bahwa pihak PT STTC tidak jadi meminjamkan eks rumah dinas Bupati Simalungun di Jalan Perintis Kemerdekaan. Dengan tidak diberikannya izin pemakaian, lanjut Hamam Sholeh, maka dengan sendirinya seluruh rencana yang disusun menjadi batal.
Hamam Sholeh pun menyampaikan kepada Satkom Gajah Mada untuk memindahkan lokasi Imlek Fair, yaitu di Jalan Bandung atau Jalan Thamrin .
“Pada kesempatan tersebut, kami juga menyampaikan agar panitia mengurus perizinan kegiatan. Seperti dari Dinas Perhubungan untuk pemakaian jalan, dari lurah/camat untuk rekomendasi tidak ada warga setempat yang keberatan, dan ke Satpol PP untuk rekomendasi pertimbangan ketenteraman dan ketertiban. Selanjutnya, izin keramaian dari Polres Pematang Siantar.
“Sekali lagi, pada prinsipnya Wali Kota Pematang Siantar mendukung pelaksanaan Imlek Fair,” tegas Hamam Sholeh.

Selanjutnya, Plt Kepala Dinas Perhubungan Kota Pematang Siantar Drs Julham Situmorang MSi memaparkan, Kamis (05/01/2023) sekitar pukul 09.00 WIB, Panitia Imlek Fair datang ke Kantor Dinas Perhubungan untuk memberitahukan rencana pelaksanaan Imlek Fair. Panitia juga memohon agar Dinas Perhubungan berkenan mendukung acara Imlek Fair dan memohon bantuan Dinas Perhubungan untuk menugaskan personel untuk pengamanan arus lalu-lintas di lokasi acara bazar di Jalan Perintis Kemerdekaan.

Di hari yang sama, sekitar pukul 15.00 WIB panitia menelepon pihak Dinas Perhubungan dan menyampaikan untuk mengurus izin di Polresta Pematang Siantar dibutuhkan rekomendasi dari Dinas Perhubungan.
Kemudian, Dinas Perhubungan mengarahkan agar panitia melengkapi berkas yang dibutuhkan untuk mengurus rekomendasi izin, yaitu surat permohonan dan KTP Penanggung Jawab.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved