LPKA Medan

Ikuti Kegiatan Rekonsiliasi, LPKA Medan Komitmen Wujudkan Laporan Keuangan yang Akuntabel

LPKA Medan menugaskan 2 orang petugas bidang keuangan Jesman Parasian Pakpahan dan Lendsteiner menghadiri undangan kegiatan rekonsiliasi

Editor: Ismail
Dok. Kemenkumham Sumut
LPKA Medan menugaskan 2 orang petugas bidang keuangan Jesman Parasian Pakpahan dan Lendsteiner menghadiri undangan kegiatan rekonsiliasi dan pemutakhiran data laporan keuangan dan barang milik negara di Hotel Niagara Parapat, Rabu (18/01/2023). 

TRIBUN-MEDAN.COM, PARAPAT - Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas I Medan ikut menghadiri undangan kegiatan rekonsiliasi dan pemutakhiran data laporan keuangan dan barang milik negara guna mewujudkan laporan keuangan yang akuntabel.

LPKA Medan menugaskan 2 orang petugas bidang keuangan Jesman Parasian Pakpahan dan Lendsteiner di Hotel Niagara Parapat, Rabu (18/01/2023).

Tahapan akhir dalam siklus anggaran yaitu tahapan pelaporan dan pertanggungjawaban keuangan yang merupakan tahapan krusial, karena membutuhkan perhatian serta komitmen  tinggi dari segenap entitas akuntansi dan entitas pelaporan Pemerintah Pusat maupun Daerah.

Rekonsiliasi merupakan salah satu kunci utama dalam upaya penyusunan laporan keuangan yang akuntabel, karena perannya yang sangat penting dalam rangka meminimalisasi terjadinya perbedaan pencatatan yang berdampak pada validitas dan akurasi data yang disajikan dalam laporan keuangan.

Karakteristik kualitatif laporan keuangan merupakan ciri khas yang membuat informasi dalam laporan keuangan berguna bagi pengguna laporan, di mana salah satu karakteristiknya adalah dapat diandalkan. 

Agar data yang dihasilkan oleh Sistem Akuntansi Keuangan di setiap Satuan Kerja Kementerian Hukum dan HAM Sumateta Utara yang dapat diandalkan, maka perlu dilakukan rekonsiliasi untuk menjamin ketelitian dan akurasi pencatatan data akuntansi sebagaimana yang diamanatkan dalam Pasal 33 Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2006 tentang Pelaporan Keuangan dan Kinerja Instansi Pemerintah. 

Dalam kegiatan rekonsiliasi ini dibuka langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara, Imam Suyudi. 

Dalam sambutanya Imam Suyudi menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan gambaran dukungan kinerja manajemen Kemenkumham untuk mencapai hasil yang optimal sekaligus pelaporan keuangan yang akuntabel. 

"Dalam kinerja harus tepat sasaran sesuai dengan target kinerja, tepat regulasinya, tepat mekanisme serta cara bertindaknya, dan hasilnya harus sesuai harapan agar semakin tertib," kata Imam.

Selanjutnya dalam Kesempatan yang sama Imam Suyudi berharap bahwa dengan adanya kegiatan ini dapat menghasilkan suatu langkah percepatan berupa action plan program tahun 2023, draf target kinerja pada Kantor Wilayah dan Unit-unit Satuan Kerja Wilayah Kemenkumham Sumatera Utara serta laporan keuangan yang akuntabel sesuai dengan standarisasi akuntansi pemerintah. (*) 


 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved