PSSI

Punya Empat Suara, Ini Wajah-Wajah Sumut Hiasi Bursa Pencalonan KLB PSSI

Jumlah itu didapat dari Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Sumut (1 suara), PSMS Medan (1 suara), Karo United (1 suara), dan PSDS Deliserdang (1 suara).

Penulis: Muhammad Ardiyansyah | Editor: Ayu Prasandi
HO
Manajer Karo United, Yosephine Sembiring (kanan) mendaftarkan dirinya menjadi Exco (Komisi Eksekutif) PSSI dalam Kongres Biasa beberapa hari lalu, di salah satu hotel di Jakarta. 

TRIBUN-MEDAN.com,MEDAN- Induk sepakbola Tanah Air, PSSI bakal mempunyai pimpinan baru yang bakal dipilih lewat forum Kongres Luar Biasa (KLB), pada Februari mendatang.

Sederet nama-nama familiar sudah mendaftarkan diri sebagai calon Ketua Umum PSSI yang nantinya bakal dipilih oleh voters. Sumatera Utara (Sumut) sendiri punya wakil di forum itu.

Sesuai dengan pasal 34 Statuta PSSI edisi 2019, ada tujuh elemen anggota PSSI yang berhak memberikan suaranya dalam pemilihan Ketua Umum PSSI.

Baca juga: Karo United Apresiasi Rapat Menpora dengan PSSI untuk Lanjutkan Liga 2

Berdasarkan statuta itu, ada 88 total suara yang bakal diperebutkan saat pemilihan Ketua Umum PSSI nanti. Sementara itu, Sumut mengantongi total empat suara (voters) di dalam forum penentuan tersebut.

Jumlah itu didapat dari Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Sumut (1 suara), PSMS Medan (1 suara), Karo United (1 suara), dan PSDS Deliserdang (1 suara).

Sebagaimana diketahui, yang berhak memilih adalah anggota PSSI dengan rincian Klub, Asosiasi Provinsi PSSI, Asosiasi Klub Sepak Bola Wanita, Federasi Futsal Indonesia, Asosiasi Wasit, Asosiasi Pemain dan Asosiasi Pelatih.

Untuk klub yakni mereka yang bermain di Liga 1 ada 18 klub, Liga 2 ada 16 klub, dan Liga 3 ada 16 klub. Untuk klub Liga 2 dan Liga 3 dipilih dari 16 klub berdasarkan dari kompetisi musim sebelumnya.

Sementara anggota dari asosiasi provinsi (Asprov PSSI) terdiri dari 34 provinsi yang ada di Indonesia. Jumlah inilah yang akan diperebutkan oleh calon Ketua Umum, Wakil Ketua Umum, dan calon Exco.

Selain itu, nama-nama yang tidak asing di kancah sepakbola Sumut juga turut menghiasi bursa pencalonan di PSSI untuk periode 2023-2027. Di antaranya Arya Sinulingga, Yosephine Sembiring, dan Benny Tomasoa.

Baca juga: KABAR TERBARU Pemilihan Pengurus PSSI: 4 Bakal Calon Wakil Ketua Umum PSSI Gugur, Ini Penyebabnya

Arya Sinulingga merupakan founder klub Liga 2, Karo United. Sementara itu, Yosephine Sembiring merupakan manajer klub berjuluk Laskar Simbisa itu.

Saat dihubungi Tribun Medan, Yosephine mengaku tidak bersaing dengan sang founder klub. Dikatakannya, ia membawa misi keterwakilan perempuan dalam rangka perbaikan sepakbola Tanah Air.

Sementara Benny Tomasoa, dia juga sempat menjadi pemain di PSMS. Usai pensiun dia muncul sebagai manajer PSMS musim 2010 hingga 2012. 

Kemudian pria berdarah Ambon itu sempat menjadi pengurus Askot PSSI Medan. Lama tak terlihat, Benny Tomasoa kembali ke dunia sepak bola dengan mengakuisisi Medan Soccer menjadi Pelita Medan Soccer. Dia membentuk tim berjenjang, mulai dari SSB, junior hingga ke senior.

(cr12/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved