Breaking News:

Kumpulan Doa

Persiapan Ibadah Ramadhan, Berikut Doa yang Dibaca Menyambut Bulan Suci Ramadhan

umat Islam di seluruh dunia karena bulan ini merupakan bulan yang penuh dengan berkah.

Editor: Dedy Kurniawan
Ho/ Tribun-Medan.com
Doa Ampunan Amalan Taubat Al Quran 

TRIBUN-MEDAN.COM - Bulan Ramadhan adalah bulan yang ditunggu-tunggu oleh umat Islam di seluruh dunia karena bulan ini merupakan bulan yang penuh dengan berkah.

Setiap ibadah yang dilakukan selama bulan Ramadhan akan dibalas dengan kebaikan yang berlipat ganda.

Selama bulan Ramadhan, umat Islam diwajibkan untuk berpuasa selama satu bulan penuh. Seperti halnya dalam Al Quran surat Al-Baqarah ayat 183, ALllah SWT berfirman:

Artinya: Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa (QS Al-Baqarah: 183).

Selain berpuasa, umat Islam juga dianjurkan untuk melaksanakan shalat-sholat sunnah diantaranya sholat tarawih dan witir.

Namun sebelum memasuki bulan Ramadhan, kita sebagai umat muslim dianjurkan untuk berdoa. Sebenarnya tidak ada doa-doa khusus untuk menyambut bulan suci Ramadhan, namun para sahabat dan para ulama yang menyambut Ramadhan dengan penuh gembira dan suka cita.

Kegembiraan tersebut mereka ungkapkan dengan mengucapkan kalimat-kalimat yang berisi doa-doa kebaikan dan harapan.

Inilah dasar doa-doa menyambut Ramadhan yang hingga kini masih dilakukan oleh umat Islam. Berikut kumpulan bacaan doa untuk menyambut bulan suci Ramadhan.

Baca juga: PUTUS dari Reino Barack, Ternyata Luna Maya Pacaran dengan Bule Selama 3 Tahun, Kini Baru Putus

1. Doa dipertemukan dengan bulan ramadhan

Doa ini diriwayatkan oleh Sayyidina ‘Ubadah bin al-Shamith (34 H). Dalam hadits tersebut Rasulullah SAW mengajarkan doa atau kalimat yang dibaca saat menyambut Ramadhan datang. Berikut riwayatnya (sanadnya hasan):

عن عبادة بن الصامت رضي الله عنه, قال: كان رسول الله صلي الله عليه وسلم يعلمنا هؤلاء الكلمات إذا جاء رمضان أن يقول أحدنا: أللهمَّ سَلِّمْنِي مِنْ رَمَضَانَ، وَسَلِّمْ رَمَضَانَ لِي، وَتَسَلَّمْهُ مِنِّي مُتَقَبَّلًا

 “Dari ‘Ubadah bin al-Shamith radhiyallahu ‘anhu, ia berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam mengajari kami bacaan berikut ini untuk dibaca oleh salah satu dari kami saat Ramadhan datang: 

 “Allahumma salimnî min ramadlâna wa sallim ramadlâna lî wa tasallamhu minnî mutaqabbalan”

Artinya: Ya Allah, sampaikan aku [dengan selamat menuju bulan] Ramadhan. Sampaikanlah Ramadhan kepadaku, dan terimalah [amal-amal]ku [di bulan] Ramadhan. (Imam Abul Qasim Sulaiman bin Ahmad ath-Thabrani, Kitâb al-Du’â’, Kairo: Dar al-Hadits, 2007, hlm. 311).

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved