Materi Belajar

Akuntansi: Sejarah, Kegiatan dan Sifatnya, Materi Belajar SMK Kelas 10

Pengertian ilmu akuntansi, kegiatan akuntansi dan sifat-sifat akuntansi akan dibahas pada materi belajar SMK kelas 10 berikut ini.

Penulis: Rizky Aisyah | Editor: Royandi
HO / TRIBUN
Pengertian ilmu akuntansi, kegiatan akuntansi dan sifat-sifat akuntansi 

TRIBUN-MEDAN.com.MEDAN – Pengertian ilmu akuntansi, kegiatan akuntansi dan sifat-sifat akuntansi akan dibahas pada materi belajar SMK kelas 10 berikut ini.

Menurut American Accounting Association (AAA), akuntansi adalah proses mengidentifikasi, mengukur, dan melaporkan informasi ekonomi sehingga pengguna informasi dapat membuat penilaian dan keputusan yang jelas dan kuat.

Nah, ternyata ilmu akuntansi sudah ada di dunia sejak masehi. Namun, titik awal perkembangan akuntansi adalah di Italia pada tahun 1494.

Sejarah ilmu akuntansi

Di Italia pada tahun 1494 Luca Pacioli, seorang ahli matematika dan seni, menerbitkan buku berjudul “Summa de arithmetica geometria proportionalitional”. Dalam buku ini, Luca Pacioli membahas aritmatika, geometri, dan proporsi.

Lalu bagaimana kaitannya dengan akuntansi? Nah dalam buku itu Luca Pacioli juga menulis tentang konsep double entry system yang kemudian menjadi konsep dasar dalam akuntansi.

 Konsep dual-entry system menyatakan bahwa semua transaksi keuangan harus dicatat pada dua sisi yang berbeda: Debere dan Credere. Debere berarti tugas dan berada di sebelah kiri. Credere berarti amanah dan berada di sebelah kanan. Sekarang kita mengenal istilah Debere sebagai Debit dan Credere sebagai Kredit.

Konsep dual-entry system kemudian menjadi dasar pencatatan dan pelaporan keuangan yang masih digunakan di seluruh dunia hingga saat ini. Konsep ini juga berhasil menobatkan Luca Pacioli sebagai bapak akuntansi dunia. Karena alasan inilah awal perkembangan akuntansi terjadi di Italia pada tahun 1494.

Kegiatan akuntansi

Berdasarkan pengertian akuntansi yang telah dibahas di atas, akuntansi memiliki beberapa kegiatan yang ditujukan untuk menghasilkan informasi keuangan. Kegiatan akuntansi terdiri dari pencatatan, pengklasifikasian, pengikhtisaran dan pelaporan.

1. Pencatatan (recording)

Kegiatan pencatatan transaksi perusahaan dalam jurnal.

2. Penggolongan (classifying)

Aktivitas yang mengelompokkan transaksi ke dalam buku besar.

Halaman
123
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved