Breaking News:

Materi Belajar

Gejala Sosial: Pengertian, Klasifikasi dan Karakteristik, Materi Belajar Sosiologi Kelas 10

Pengertian gejala sosial, klasifikasi gejala sosial dan karakteristik gejala sosial akan dibahas pada materi belajar sosiologi kelas 10 berikut ini.

Penulis: Rizky Aisyah | Editor: Royandi
HO / TRIBUN
Pengertian gejala sosial, klasifikasi gejala sosial dan karakteristik gejala sosial 

TRIBUN-MEDAN.com.MEDAN – Pengertian gejala sosial, klasifikasi gejala sosial dan karakteristik gejala sosial akan dibahas pada materi belajar sosiologi kelas 10 berikut ini.

Pengertian gejala sosial

Secara sederhana, fenomena sosial dapat diartikan sebagai peristiwa yang disebabkan oleh manusia, baik secara individual maupun kolektif. Pada dasarnya fenomena sosial berkaitan dengan nilai-nilai sosial dan moral, antara lain fenomena ekonomi, fenomena politik, fenomena budaya, dan fenomena moral.

Gejala sosial muncul dari berbagai fenomena dan masalah sosial, baik yang berasal dari individu maupun yang berasal dari kelompok sosial. Masalahnya bisa apa saja. Nah, langsung saja simak pembahasannya di bawah ini ya.

Klasifikasi gejala sosial

Tergantung pada penyebab masalahnya, fenomena sosial dapat diklasifikasikan menjadi beberapa jenis:

1. Gejala sosial yang disebabkan oleh masalah ekonomi

Fenomena sosial yang pertama adalah fenomena sosial yang diakibatkan oleh permasalahan di bidang ekonomi. Gejala sosial dari masalah ekonomi dapat dilihat ketika banyak orang tidak dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari karena masalah keuangan. Contoh gejala sosial yang disebabkan oleh masalah ekonomi antara lain kemiskinan dan pengangguran.

2. Gejala sosial yang ditimbulkan oleh isu-isu politik

Berikut ini adalah fenomena sosial yang disebabkan oleh masalah politik. Fenomena sosial ini muncul di ranah politik dan biasanya terkait dengan pejabat politik di bidang tertentu. Praktik korupsi merupakan contoh fenomena sosial yang disebabkan oleh isu-isu politik.

3. Gejala sosial yang disebabkan oleh persoalan budaya

Terakhir, ada fenomena sosial yang disebabkan oleh masalah budaya. Fenomena sosial ini merupakan fenomena yang paling banyak terjadi di masyarakat karena cakupan permasalahannya cukup luas. Contoh fenomena sosial yang disebabkan oleh masalah budaya antara lain kejahatan atau kejahatan yang terjadi di masyarakat, perceraian, kenakalan remaja, dan konflik ras dan agama.

Karakteristik gejala sosial

Fenomena sosial memiliki beberapa ciri atau karakteristik yang harus Anda ketahui. Apa saja fiturnya? Sekarang, mari kita bahas satu per satu!

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved