MAKI Singgung Kebesaran Jiwa Ketua KPK, Novel Baswedan Cs yang Dipecat Dilantik di Mabes Polri

Editor: Salomo Tarigan
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ketua KPK Firli Bahuri dan Novel Baswedan

TRIBUN-MEDAN.com- Koordinator Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman meminta kepada Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Fikri Bahuri untuk hadir dalam agenda pelantikan 44 mantan karyawan KPK menjadi ASN Polri di Mabes Polri.  

Diketahui, pada Kamis (9/12/2021) ini, Mabes Polri akan melantik total 44 Eks pegawai KPK yang dipecat karena tak lulus tes Wawasan Kebangsaan (TWK), menjadi ASN Polri.

5 Pimpinan KPK: Ketua KPK Firli Bahuri (kiri) beserta keempat wakilnya, Alexander Marwata, Lili Pintauli Siregar, Nawawi Pomolango dan Nurul Ghufron. (KOMPAS.com/Ardito Ramadhan D)

Seperti diketahui, pelaksanaan tes Wawasan Kebangsaan (TWK) sendiri hingga hasilnya yang berujung pemecatan 57 pegawai KPK dinilai penuh kontroversi.

"Kehadiran Bapak Firli adalah sangat bermakna untuk proses islah (penyatuan kembali) dan berdamai sebagai insan aparat negara pemberantas korupsi yang selanjutnya untuk sinergi yang hebat guna pemberantasan korupsi kedepan yang lebih hebat," kata Boyamin dalam keterangan tertulisnya, dikutip Kamis (9/12/2021).

Dia mengatakan, Tes Wawasan Kebangsaan yang dilaksanakan oleh KPK sebelumnya telah membuat 44 orang tersebut berpindah ke Bareskrim Polri, diakui atau tidak, suka atau tidak suka, hal itu telah menimbulkan jurang pemisah antara Pimpinan KPK dengan 44 orang tersebut.

Sehingga kata dia, diperlukan kebesaran jiwa untuk islah atau berdamai kembali antara Firli Bahuri dan seluruh mantan pegawai KPK itu demi kebaikan bangsa dan negara.

JABATAN Baru Novel Baswedan di Polri, 44 Eks Pegawai KPK Ada Penyidik dan Penyelidik

"Islah ini semestinya dimulai dan di-inisiasi oleh Bapak Firli Bahuri sebagai pihak yang lebih tua umur dan lebih tinggi jabatannya. Kami tidak memandang siapa yang benar dan siapa yang salah dalam kasus TWK," beber Boyamin.

MAKI sendiri kata dia, telah berkirim surat pada Rabu (8/12/2021) kemarin, melalui email ke KPK untuk memohon kehadiran Firli Bahuri dalam agenda tersebut.

"Mari kita tutup masa lalu dan membuka lembaran baru untuk sinergi memberantas korupsi," kata Boyamin.

Diterima di Polri, Novel Baswedan dkk Ingin Kembali ke KPK, Mabes Polri Tak Masalah

"Sekali lagi kami memohon kehadiran Bapak Firli Bahuri pada saat pelantikan ASN 44 eks-KPK," tukasnya.

Halaman
12