Akses berita terupdate se-indonesia lewat aplikasi TRIBUNnews

Lapas I Medan

Peringati Hari Kesaktian Pancasila, Lapas Kelas l Medan Laksanakan Upacara

Editor: Ismail
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Lapas Kelas I Medan melaksanakan Upacara Peingatan Hari Kesaktian Pancasila, sabtu (01/10/2022) di Aula Lapas Kelas I Medan.

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN – Hari Kesaktian Pancasila, yang jatuh pada tanggal 1 Oktober, merupakan Hari yang diperingati untuk mengenang para pahlawan yang gugur pada aksi pemberontakan G30S/PKI (Gerakan 30 September/PKI) yang dilaksanakan pada tanggal 30 September 1965.

Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober ditetapkan dalam Surat Keputusan Menteri/Panglima Angkatan Darat tanggal 17 September 1966 (Kep 977/9/1966), yang menetapkan Hari Kesaktian Pancasila harus diperingati oleh TNI Angkatan Darat.

Kemudian, pada tanggal 24 September 1966, Menteri/Panglima Angkatan Kepolisian mengusulkan agar Hari Kesaktian Pancasila diperingati oleh seluruh jajaran Angkatan Bersenjata. Selanjutnya, Keputusan Nomor (Kep/B/134/1966) tanggal 29 September 1966, Jenderal Soeharto sebagai Menteri menerbitkan Keputusan Menteri Utama Bidang Pertahanan dan Keamanan yang berisi bahwa Hari Kesaktian Pancasila diperingati oleh seluruh slag orde Angkatan Bersenjata. Dengan demikian, upacara peringatan 1 Oktober diperingati oleh seluruh komponen pemerintahan setiap tahunnya.

Mengusung tema “Bangkit Bergerak Bersama Pancasila”, Lapas Kelas I Medan melaksanakan Upacara Peingatan Hari Kesaktian Pancasila, sabtu (01/10/2022) di Aula Lapas Kelas I Medan. Upacara dimulai pukul 08.00 WIB, diikuti oleh seluruh petugas Lapas Kelas I Medan, diisi dengan pembacaan Teks Pancasila oleh Kepala Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Medan, Lamarta Surbakti, yang bertindak sebagai Inspektur Upacara, diikuti oleh seluruh peserta upacara.

Dilanjutkan dengan mengheningkan cipta, untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur pada aksi pemberontakan G30S/PKI, dan pembacaan Naskah Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia, dan pembacaan Naskah Ikrar oleh Petugas Upacara.

Melalui upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, para petugas diharapkan dapat merenungkan bagaimana para pahlawan terdahulu yang sudah memperjuangkan kedaulatan Pancasila sebagai Ideologi Bangsa, memiliki tekad yang kuat untuk melindungi keutuhan Bangsa dan Negara, ditengah-tengah rongrongan dari luar, maupun dari dalam yang berniat untuk meruntuhkan Pancasila sebagai Ideologi Bangsa. (*)