Akses berita terupdate se-indonesia lewat aplikasi TRIBUNnews

Liga 2

Liga 1 Bergulir Hari Ini, Liga 2 Menyusul Jadwalnya, PSMS, PSDS dan Karo United Masih Diliburkan

AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Pemain PSMS Medan Ichsan Pratama (kiri) berusaha melewati kawalan dari pemain Semen Padang FC dalam lanjutan pertandingan Liga 2, di Stadion Teladan Medan, Senin (26/9/2022). Dalam laga tersebut PSMS Medan berhasil menang tipis 1-0 atas Semen Padang FC, dan tetap berada di puncak klasemen sementara di Wilayah Barat.

TRIBUN-MEDAN.com - Kompetisi Liga 1 kembali digulirkan mulai hari ini 5 Desember 2022, tapi untuk kasta keduanya belum keluar jadwal resminya.

PT LIB selaku operator menyebut Liga 2 bakal berjala seiring dengan jadwal Liga 1 untuk menentukan nasib promosi dan degradasi.

Namun, hingga saat ini gelaran Liga 2 musim 2022/2023 masih dihentikan sementara buntut tragedi kerusuhan di Stadion Kanjuruhan, Malang awal Oktober lalu.

Komisaris Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Juni Ardianto Rahman menyebutkan, kompetisi Liga 2 yang terhenti juga mesti dilanjutkan.

Menurutnya, kompetisi Liga 2 juga sama pentingnya mengingat akan ada format promosi degradasi di akhir kompetisi.

Baca juga: JADWAL Tayang Liga 1 Hari Ini 5 Desember 2022 Live Indosiar, Madura Vs PSIS, Persita Vs Bali United

"Liga 2 harus bareng sama Liga 1 karena gimana mau nentuin promosi dan degradasi. Liga 3 juga harus jalan bareng," katanya dilansir Tribunnews.

Dijelaskannya, kompetisi harus segera dilaksanakan mengingat kalender sepakbola  Tanah Air juga mesti berjalan. Bahkan, Indonesia juga sedang bersiap menghadapi Piala Dunia U-20 tahun depan.

Sebelumnya, PSSI melalui laman resminya, www.pssi.org juga sudah mengumumkan bakal menghelat lanjutan kompetisi Liga 1 musim 2022/2023, pada 5 Desember ini.

"Lanjutan kompetisi BRI Liga 1 akhirnya kembali bergulir setelah Mabes Polri mengeluarkan izin keramaian tentang Peraturan Polri (Perpol) Nomor 10 Tahun 2022 tentang Pengamanan Penyelenggaraan Kompetisi Olahraga," tulis rilis PSSI.

Baca juga: Bekas Kapten PSMS Buka Warung Mie Ayam, Syaiful Ramadhan Pensiun dari Sepakbola?

"Untuk lanjutan kompetisi putaran pertama ini akan dimulai 5 Desember 2022 tanpa penonton dan akan selesai pada akhir Desember 2022 dengan sistem bubble di Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah. Sedangkan putaran kedua dan seterusnya direncanakan menggunakan sistem home and away dengan penonton yang dibatasi," lanjutan di dalam rilis.

Stadion yang akan dipergunakan di putaran pertama adalah Stadion Manahan (Surakarta), Stadion Jatidiri (Semarang), Stadion Maguwoharjo (Sleman), Stadion M Soebroto (Magelang), dan Stadion Sultan Agung (Bantul).

Baca juga: KABAR TERKINI Liga 1 Digelar Lagi Mulai 5 Desember 2022 Sistem Bubble tanpa Penonton, Aturan Polri

Sebelumnya PT Liga Indonesia Baru merencanakan kompetisi akan kembali digelar pada 2 Desember 2022. Namun, karena Mabes Polri harus meninjau sekaligus memastikan sistem manajemen pengamanan di lima stadion, lanjutan kompetisi kemudian ditunda.

Tetapi, setelah Polri mengirimkan tim khusus agar lima stadion itu harus menyesuaikan dengan Perpol Nomor 10 tahun 2022, akhirnya izin bisa keluar.

Tiga wakil Sumut di Liga 2, PSMS Medan, Karo United, dan PSDS Deliserdang pun saat ini masih meliburkan sementara skuatnya sembari menunggu kabar pasti pelaksanaan kompetisi.

(cr12/tribun-medan.com)

Berita Terkini