Bersedekah, Ajarkan Anak Peduli pada Sesama

“Melalui kepedulian ini diharapkan muncul rasa kepekaan sosial setiap siswa untuk selalu terdepan dalam membantu orang-orang yang membutuhkan pertolon

Bersedekah, Ajarkan Anak Peduli pada Sesama
Tribun Medan/Elvira
Perguruan Panca Budi Medan berbagi dengan anak yatim piatu di Jalan Asoka, Kamis (22/6/2017). Pihak sekolah mengajarkan anak didik untuk peduli sesama melalui sedekah 

Laporan Wartawan Tribun Medan, Elvira Lieshanty Febryza

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN – Diantara amalan yang dianjurkan dalam bulan Ramadan ialah bersedekah.

Apalagi jika sedekah itu berupa makanan yang dipergunakan sebagai bahan berbuka puasa.

Maka pahala seperti pahala orang yang berpuasa. Hal ini sebagaimana yang telah disabdakan oleh Rasullah.

Perguruan Panca Budi Medan yang dikenal sebagai pusat pendidikan berwarna islami misalnya mengajarkan setiap anak didik mulai dari tingkat TK hingga SMA agar memiliki kepekaan sosial untuk membantu beban orang lain serta berpartisipasi dalam menjaga keberlangsungan kehidupan sosial.

Hal ini diungkapkan oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Marni Ajrnia Sikettang saat mengadakan acara berbagi dengan anak yatim di Panti Asuhan, Jalan Asoka, Kamis (22/6/2017).

Baca: Jelang Hari Raya Idul Fitri Pelindo 1 Bagikan 2.650 Ayam dan Sembako

Baca: Peluang Besar Untuk Bekerja, IeSPA Gelar Penyuluhan pada Pecandu Game

“Melalui kepedulian ini diharapkan muncul rasa kepekaan sosial setiap siswa untuk selalu terdepan dalam membantu orang-orang yang membutuhkan pertolongan,” ujarnya.

Menurutnya, sikap peduli dengan sesama adalah perbuatan yang diajarkan dalam agama, yakni manusia diperintahakan agar menjaga hubungan baik dengan Allah SWT dan juga hubungan baik dengan manusia. Realisasi kepedulian para siswa tersebut, katanya diwujudkan dengan bersedekah untuk anak yatim piatu.

“Di tengah masyarakat ini masih banyak yang membutuhkan kepedulian kita. Kita masih tergolong beruntung bisa makan enak setiap hari, dengan menu yang lengkap dan sehat, tetapi mereka (anak-anak yatim) belum tentu seperti kita. Di usianya yang masih kecil, diantara mereka ada yang sudah tidak mempunyai ayah atau ibu, bahkan keduanya,”jelasnya.

Untuk itu, kata anak-anak perlu diajarkan menolong, membantu dan berbagi kepada orang lain. Selain menimbulkan rasa bahagia juga membawa keberkahan dari Allah SWT.

Ia menuturkan berbagi bersama anak yatim rutin digelar setiap bulan ramadan. Kegiatan berbagi tersebut dikemas dalam satu kegiatan belajar agar anak-anak memahami bersedekah.

“Para siswa mulai dari unit sekolah TK, SD, SMP, SMA dan SMK menyalurkan infaq dan sedekah mereka kepada orang-orang yang membutuhkan seperti anak yatim piatu, kaum duafa, fakir dan miskin dan panti asuhan. Selain itu setiap Ramadan juga anak-anak mengikuti pesantren kilat,”pungkasnya.

Pihaknya juga memberikan motivasi kepada anak-anak panti asuhan agar tidak patah semangat dalam belajar meski dengan keterbatasan.(*)

Penulis:
Editor: Arifin Al Alamudi
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved