TribunMedan/

TRAVELLERS Ini Bahasa Rahasia Awak Kabin dan Pramugari

Apakah Anda secara tak sengaja mendengar sejumlah istilah yang sering dipakai para awak pesawat, namun tak yakin apa maksudnya?

TRAVELLERS Ini Bahasa Rahasia Awak Kabin dan Pramugari
Andri Donnal Putera
Ilustrasi kabin pesawat 

Beth Blair, Eks pramugari dan penulis lepas

TRIBUN-MEDAN.COM - Apakah Anda secara tak sengaja mendengar sejumlah istilah yang sering dipakai para awak pesawat, namun tak yakin apa maksudnya?

Apa artinya 'cross-check'? Atau 'all-call'?

Dan apa pula ketika mereka mengatakan 'jump seats' saat turbulensi udara -apakah mereka sedang bersiap mengenakan parasut dan melompat ke luar pesawat?

Dunia penerbangan memiliki tolok ukur serta istilah sendiri, dan penumpang yang mendengarkannya bisa menemukan bahasa yang sama sekali baru.

Prepare doors for departure/arrival
Dalam situasi darurat, peluncur darurat yang disimpan di bawah setiap pintu pesawat didesain untuk keluar secara otomatis dan siap digunakan hanya dalam waktu enam detik.

Namun peluncur darurat ini tak akan berfungsi jika awak tidak menyetelnya ke posisi 'armed'. Agar pintu dalam posisi 'armed', maka awak harus menekan tungkai pada pintu sehingga papan luncur nantinya akan berfungsi dengan baik.

Semua pintu harus dalam posisi 'armed' sebelum pesawat tinggal landas dan kemudian fungsi ini dimatikan ketika pesawat mendarat.

Mengubah posisi tersebut bisa dilakukan hanya dengan satu tangan atau dengan dua tangan tergantung dengan model dan merek pesawat.

Mengecek status pintu ini sangat penting karena bisa saja petugas bandara secara tak sengaja membuka pintu yang dalam posisi 'armed' yang membuat peluncur darurat keluar secara otomatis.

Halaman
1234
Editor: Tariden Turnip
Sumber: bbc
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help