Program Pertukaran Pemuda antar Negara Sumut Perpanjang Masa Pendaftaran, Ini Cara Mendaftarkan Diri

Program Pertukaran Pemuda antar Negara yang diselenggarakan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI dengan pemerintah di beberapa negara

Program Pertukaran Pemuda antar Negara Sumut Perpanjang Masa Pendaftaran, Ini Cara Mendaftarkan Diri
TRIBUN MEDAN / Gita Tarigan
Para peserta roadshow berfoto bersama alumni PPAN Sumatera Utara, acara ini mempromosikan sekaligus memberi motivasi kepada anak muda agar ikut dalam program PPAN 2019. 

TRIBUN-MEDAN.com-Buat para pemuda Sumatera Utara yang selama ini mengidamkan keluar negeri namun tidak ingin keluar biaya, ini merupakan kesempatan emas untuk mencoba PPAN.

PPAN adalah program Pertukaran Pemuda antar Negara yang diselenggarakan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI dengan pemerintah di beberapa negara.

Program ini sudah berlangsung selama  sekitar 40 tahun dan sudah melahirkan banyak alumni yang unggul di bidangnya.

"Ini kesempatan emas buat pemuda di Sumut, karena mereka hanya perlu daftar, semua biaya gratis," ujar Ketua Panitia PPAN Sumut, Miyzan Fuadiy Harahap, Sabtu, (16/3/2019)

Menurut penuturan Miyzan, untuk saat ini terdapat 8 negara yang bergabung dalam program ini. "Yang paling tua itu ada Canada, Australia, Jepang, India, Korea Selatan, Singapura, Tiongkok, dan Malaysia," ujarnya.

Ia mengatakan kesempatan ini terbuka bagi seluruh pemuda terlepas ia mahasiswa atau tidak. "Tidak ada patokan peraturan khusus untuk mahasiswa yang penting patokan umurnya dari 18 hingga 30 tahun, dan belum menikah," tuturnya.

Pelajar SMA Nekat Bakar Cewek yang Disukainya setelah Cintanya Ditolak

Polisi Tangkap 2 Penjual Togel dengan Alasan untuk Menambah Penghasilan

Inilah Makanan Vanessa Angel saat di Dalam Penjara, Merasa Tersiksa Sampai Ingin Bunuh Diri

Untuk prosedur pendaftaran, Miyzan mengatakan sudah dimulai sejak tanggal 1 sampai 15 Maret, namun sudah diperpanjang sampai 18 Maret karena banyak sekali permintaan yang ingin mendaftar.

"Caranya, pertama kita download dulu linknya, untuk mendapatkan paket berkas PPAN, disitu sudah tertera lengkap apa saja yang perlu dipersiapkan, dan langsung mengantarkan berkas ke Dispora baik itu yang di dalam kota maupun di luar, wajib menyerahkan langsung, setelah itu akan ada proses seleksi," ujarnya.

Ini Besaran Kenaikan Gaji PNS/ASN yang Diterima April, Dirapel sejak Januari Loh

Tukang Ayam Potong Sembunyi di Loteng setelah Terpergok Mencuri di Rumah Warga

Untuk proses seleksi sendiri akan memakan waktu 3 hari dan dilaksanakan pada tanggal 22 sampai 24 Maret. "Pertama tesnya ada pengetahuan umum tentang Indonesia dan Sumatera Utara, Isu internasional terkini, dan ada pengetahuan untuk bahasa Inggris, lalu kedua ada FGD (Forum Grup Discusions) dan tahun ini bentuknya debat, dan ada penilaian seperti kepemimpinan, kepemudaan, industri kreatif, psikologi, dan lainnya," tuturnya.

Untuk dihari kedua terdapat dua tahap seleksi yakni, ada wawancara yang di handle oleh alumni PPAN. "Disini yang dibahas ada dua, yakni isu terbaru nasional maupun Internasional, kedua tentang pengembangan masyarakat, jadi kita juga mencari pemuda yang sudah berkontribusi buat daerah sekitarnya, ada juga Art and Skills melihat kemampuan apa yang dimiliki peserta, dan dihari ketiga itu penyaringan yang terbaik, siapa yang cocok diberangkatkan," tuturnya.

Kisah Gerard Pique Bek Barcelona Melawan Mantan Man United, Jadwal Liga Champions Ajax vs Juventus

KISAH MENGHARUKAN Curhat Istri, Zulfirman Syah (WNI) dan Anak Luka, Selamat dari Kekejaman Teroris

Halaman
12
Penulis: Gita Nadia Putri br Tarigan
Editor: Joseph W Ginting
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved