Breaking News:

Target Festival Danau Toba Tahun Ini 1000 Untuk Wisatawan Asing

Pemerintah Provinsi Sumatera Utara hanya menargetkan 1000 wisatawan mancanegara yang datang ke pergelaran Festival Danau di Kabupaten

Penulis: jefrisusetio | Editor: akb lama
KOMPAS.COM/FITRI PRAWITASARI
Tarian Tor Tor Sawan ditarikan dalam pembukaan Festival Danau Toba di Open Stage Kecamatan Tuk Tuk Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, Minggu (8/9/2013). 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Jefri Susetio

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Pemerintah Provinsi Sumatera Utara hanya menargetkan 1000 wisatawan mancanegara yang datang ke pergelaran Festival Danau di Kabupaten Tanah Karo, 19-22 November mendatang.

"Kami hanya menargetkan 55 ribu wisatawan lokal dan 1000 wisatawan mancanegara. Kami tidak berani buat target tinggi-tinggi karena adanya perubahan jadwal Festival Danau Toba itu," ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Provinsi Sumut, Elisa Marbun, di Hotel Polonia, Senin (16/11/2015).

Selain itu, kata dia, sebelumnya target pengunjung Festival Danau mencapai 100 ribu ke atas. Namun, target diturunkan karena adanya perubahan jadwal pelaksanaan Festival Danau Toba disebabkan beberapa kabupaten tidak siap jadi penyelenggara.

"Pada tanggal 20-22 November setiap hari ada kegiatan seperti vokal suara, binaraga. Kedepan akan ada pemilihan daerah yang siap melaksanakan Festival Danau Toba untuk tahun mendatang," katanya.

Ia menurutkan, Festival Danau Toba digelar secara berkelanjutan setiap tahun agar kunjungan wisatawan ke Danau Toba bisa nomor satu di Indonesia.

"Tahun ini, kegiatan Festival Danau Toba berlangsung terlambat jika dibangdingkan tahun lalu.Adapun anggaran yang digunakan Rp 2 Miliar dari Provinsi Sumut dan 1,4 Miliar dari Kementerian Pariwisata," ujarnya

Dia menambahkan, sebelumnya beberapa kabupaten/kota menolak untuk menggelar perayaan Festival Danau Toba. Bahkan, Kabupaten Tanahkaro hanya bersedia menyediakan tempat lantaran tidak punya anggaran.

(tio/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved