Susah Urus SIM? Kapolrestabes Medan Sarankan Warga Datang ke Lokasi Car Free Day

"Momen car free day kami manfaatkan untuk memberikan pengetahuan bagi mereka yang ingin mendapatkan SIM"

Susah Urus SIM? Kapolrestabes Medan Sarankan Warga Datang ke Lokasi Car Free Day
TRIBUN MEDAN / NANDA BATUBARA
Antrean warga yang mengurus SIM online mengular di Lapangan Merdeka. 

Laporan Wartawan Tribun Medan/Array A Argus

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - Pengurusan SIM di Satlantas Polrestabes Medan kerap dikeluhkan masyarakat. Apalagi, untuk mengurus SIM masyarakat mengaku diwajibkan punya sertifikat dari penyedia jasa belajar mengemudi.

Menjawab pertanyaan itu, Kapolrestabes Medan, Kombes Dadang Hartanto menyebut pengurusan SIM sebenarnya mudah. Hanya saja, masyarakat harus belajar terlebih dahulu tentang praktik lapangan dan ujian teori.

"Kami tiap minggu mengadakan kegiatan di Lapangan Merdeka untuk mengajari masyarakat yang ingin mendapatkan SIM. Momen car free day kami manfaatkan untuk memberikan pengetahuan bagi mereka yang ingin mendapatkan SIM," kata Dadang saat berkunjung ke Tribun Medan, Rabu (17/1/2018).

Baca: Djarot Kesal terhadap Paradigma SUMUT Semua Urusan Mesti Uang Tunai

Baca: Siswa Siluman Banyak Anak Pejabat, Polda Sumut Akan Periksa Orangtua Pelajar

Soal sertifikat dari kursus mengemudi, sambung Dadang, itu tidak dipaksakan. Namun, kata dia, alangkah baiknya jika pemohon SIM lulus dari tempat kursus dengan hasil yang memuaskan.

"Kalau mereka lulus dari tempat khursus, masa kita cegah. Kemudian, soal kursus itukan tidak bisa disalahkan kami," ungkap Dadang.

Polisi, kata Dadang, tidak bisa mengintervensi keberadaan kursus mengemudi. Ia meminta sejumlah pihak tidak mengait-ngaitkan persaingan kursus dengan Satlantas Polrestabes Medan.

"Kalau ngurus sama kami (Satlantas), bayarnya ya tetap sesuai yang ditetapkan negara. Tidak ada yang lain," pungkas Dadang.

Halaman
123
Penulis: ArgusA
Editor: Salomo Tarigan
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved