Konjen Tiongkok Ajak Pengusaha Sumut Ikut China International Import Expo

Produk lain yang berpotensi diekspor ke Tiongkok adalah durian. Banyak masyarakat Tiongkok yang menyukai durian Sumut

Konjen Tiongkok Ajak Pengusaha Sumut Ikut China International Import Expo
TRIBUN MEDAN/ Ayu Prasandi
Konjen Tiongkok di Medan, Sun Ang (kiri) bersama konsul Tiongkok di Medan, Liu Weiguo saat temu pers di Hotel Grand Aston Medan. 

Laporan Wartawan Tribun Medan/Ayu Prasandi

 TRIBUN-MEDAN.com,MEDAN - Konsulat Jendral (Konjen) Tiongkok mengajak para pengusaha di Indonesia khususnya di Sumatera Utara (Sumut) ikutserta dalam kegiatan China International Import Expo yang akan diadakan pada bulan November mendatang di Shanghai, Tiongkok.

Konjen Tiongkok di Medan, Sun Ang saat temu pers di Hotel Grand Aston Medan, mengatakan, China International Import Expo merupakan langkah penting Tiongkok untuk membuka pasar dan mendorong perkembangan perdagangan.

“Saat ini adalah sekitar 100 negara yang sudah mendaftar atau akan ikut serta dalam kegiatan China International Import Expo tersebut,” ujarnya, Selasa (23/1/2018).

Baca: Komunitas Medan Yosakoi Tim Ikut Meriahkan Perayaan 60 Tahun Persahabatan Indonesia-Jepang

Baca: Miris! Di Puskesmas Haranggaol Dokter Cuma Dinas Hari Senin, JR Saragih Berang Bukan Kepalang

Ia menerangkan, banyak produk dari Indonesia khususnya di Sumatera Utara (Sumut) yang memiliki peluang ekspor cukup besar di Tiongkok.

“Saya sudah ke beberapa daerah di Indonesia khususnya di Pulau Sumatera dan semua daerah tersebut kaya akan sumber daya. Ada banyak produk yang ada di daerah tersebut yang diperlukan oleh Tiongkok,” terangnya.

Ia menjelaskan, misalnya sawit yang merupakan salah satu tumbuhan utama di Sumatera. Dan memang sawit banyak di ekspor ke Tiongkok. Ada banyak produk lainnya yang juga berpotensi untuk diekspor ke Tiongkok.

“Produk lain yang berpotensi diekspor ke Tiongkok adalah durian. Banyak masyarakat Tiongkok yang menyukai durian Sumut dengan kualitas yang sangat baik serta citarasa yang enak,” jelasnya.

 Ia menuturkan, semua durian yang ada di Tiongkok di impor dari Thailand dan juga dari Malaysia. Karena memang di Tiongkok tidak bisa menanam durian. Hanya saja memang selama ini ada kendala untuk ekspor durian dari Indonesia khususnya Sumut ke Tiongkok.

 “Rata-rata durian di Indonesia matang di pohon dan ketika akan dibawa ke Tiongkok pastinya akan semakin matang karena perjalanan yang jauh dan hal tersebut membuat citarasanya berubah dan hal tersebut masih menjadi kendala mengapa belum mengimpor durian dari Indonesia,” tuturnya.

 Ia mengungkapkan, oleh karena itu, melalui China International Import Expo tersebut, akan banyak pengusaha Indonesia khususnya dari Sumut yang mengikuti dan bisa melihat bagaimana potensi dengan produk-produk yang dibawa.

 “Saat ini ada kabar yang baik, menurut perjanjian Tiongkok dengan ASEAN, jika ingin mengekspor produk seperti durian ke Tiongkok saat ini bebas pajak,” ungkapnya.

 Ia berharap, melalui penyelenggaraan China International Import Expo, dapat memberikan kesempatan kepada berbagai negara di dunia seperti Indonesia untuk memperluas ekspor produknya ke Tiongkok.(pra/tribun-medan.com )

Penulis: Ayu Prasandi
Editor: Salomo Tarigan
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved