TGB Dukung Jokowi, Prabowo: Kita Ada Amien Rais, Sudrajat, Ada Ustaz Sambo

Menurut Ray, TGB selama ini juga tak pernah menunjukkan sikapnya sebagai bagian dari pihak oposisi.

Editor: Tariden Turnip
KOlase
TGB dan Jokowi 

TRIBUN-MEDAN.COM - Panggung politik Tanah Air dikejutkan manuver Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) TGB Zainul Majdi mendukung Presiden Joko Widodo untuk maju lagi pada Pilpres 2019.

Padahal sebelumnya TGB digadang sebagai figur alternatif di Pilpres 2019, bahkan sudah direkomendasikan Persaudaraan 212.

Bagaimana Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, penantang terkuat Jokowi di Pilpres 2019?

Prabowo mengatakan tidak melihat  dukungan TGB pada Jokowi menjadi ancaman bagi pihaknya.

“Begini ya, masa satu orang ancaman. Kita ini berjuang untuk rakyat. Rakyat itu sekian ratus juta kita hormati, semua juga, itu demokrasi. Silakan dukung siapapun, asal aturannya baik,” kata Prabowo di kediamannya di Jakarta Selatan, Sabtu (7/7/2018).

Prabowo menghargai sikap TGB terkait dukungannya kepada Jokowi. Menurut dia, dalam kehidupan demokrasi hal tersebut merupakan sesuatu yang wajar.

“Ya ini demokrasi, siapapun boleh mendukung siapapun, ya boleh dong itu hak beliau,” kata Prabowo.

Prabowo juga menegaskan, dukungan TGB kepada Jokowi tidak mengakibatkan berkurangnya dukungan dari kalangan umat Muslim.

“Itulah demokrasi, umat muslim di Indonesia berapa ya? Kira-kira 170 juta, 1 atau 2 orang its oke lah. Ada TGB, kita ada Amien Rais, Sudrajat, ada Ustaz Sambo nih, coba lihat jenggotnya lumayan tuh,” kata Prabowo.

Sebagaima dilaporkan kantor berita Antara, TGB Zainul Majdi menyatakan dukungan kepada Joko Widodo untuk melanjutkan kepemimpinannya pada periode kedua sebagai Presiden RI.

Menurut TGB, ia memutuskan dukung Jokowi setelah melalui pertimbangan yang berkaitan dengan kemaslahatan bangsa, umat, dan akal sehat. Dia menilai selama Jokowi memimpin, pencapaian kawasan ekonomi khusus Mandalika di NTB sudah berhasil.

Menurut dia, pergantian di level kepemimpinan nasional akan menimbulkan kemandekan ekonomi maupun sosial di wilayah Mandalika dan NTB secara keseluruhan.

Batu lompatan

Direktur Eksekutif Lingkar Madani Indonesia Ray Rangkuti menilai dukungan Gubernur Nusa Tenggara Barat Muhammad Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang (TGB) terhadap kepemimpinan dua periode Presiden Joko Widodo bukanlah sikap mendadak.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved