Bukan Amerika, Ini Negara yang Budayanya Paling Berpengaruh, Indonesia di Peringkat. . .

Baru-baru ini U.S. News and World Report menyusun peringkat negara-negara yang budayanya paling berpengaruh.

Bukan Amerika, Ini Negara yang Budayanya Paling Berpengaruh, Indonesia di Peringkat. . .
ist
Menara miring Pisa 

TRIBUN-MEDAN.COM - Bukan kekuatan militer, politik ataupun ekonomi, tapi budaya dari lima negara inilah yang paling banyak berdampak pada dunia.

Pengaruh global suatu negara sering diukur lewat kekuatan militer, politik atau ekonomi, tapi ada beberapa negara dengan kekuatan budaya — lewat makanan, mode serta hiburan — yang paling berdampak di dunia.

Baru-baru ini U.S. News and World Report menyusun peringkat negara-negara yang budayanya paling berpengaruh.

Pemeringkatan ini dilakukan berdasarkan faktor-faktor penilaian seperti gengsi, mode, trend, kebahagiaan, modernitas atau berpengaruh secara budaya dari sisi hiburan.

Banyak dari 10 negara teratas dalam peringkat ini berada di Eropa, termasuk Italia, Spanyol, Prancis dan Inggris, tapi negara-negara seperti Jepang juga termasuk di sini (mendapat peringkat tinggi karena dianggap modern dan bergengsi), begitu pula Brasil (karena warganya yang bahagia dan berpengaruh dari sisi hiburan), dan AS (karena modern dan berpengaruh secara budaya).

Peringkat negara Asia yang paling tinggi diraih Jepang di posisi 6, Singapura (13), Uni Emirat Arab (17), Thailand (17), China (21), India (29).

Indonesia peringkat berapa?

Dalam daftar ini, Indonesia hanya berada di posisi 43, di bawah Filipina (41).  

Daftar lengkapnya bisa diklik di links ini.

BBC mewawancarai warga dari lima negara yang berada di peringkat teratas untuk membantu menjelaskan bagaimana budaya negara mereka berpengaruh, mempengaruhi dunia, dan seperti apa rasanya tinggal di tempat yang menggambarkan keunggulan internasional.

Halaman
1234
Editor: Tariden Turnip
Sumber: bbc
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved