BI Sumut Sebut Stabilitas Sistem Keuangan dan Sistem Pembayaran Ada Perbaikan

pada di triwulan I tahun 2018 jika dibandingkan triwulan I tahun 2017 menunjukan peningkatan yang cukup baik.

BI Sumut Sebut Stabilitas Sistem Keuangan dan Sistem Pembayaran Ada Perbaikan
TRIBUN MEDAN/AYU PRASANDI
Direktur Bank Indonesia Perwakilan Sumut, Andi S Wiyana menjelaskan terkait Stabilitas sistem keuangan dan sistem pembayaram di Sumatera Utara. 

Laporan Wartawan Tribun Medan/Ayu Prasandi

 

TRIBUN-MEDAN.com,MEDAN- Stabilitas sistem keuangan dan sistem pembayaram di Sumatera Utara (Sumut) dilihat dari empat indikator menunjukkan adanya perbaikan.

Hal tersebut dikatakan Direktur Bank Indonesia Perwakilan Sumut, Andi S Wiyana kepada Tribun, Kamis (30/8/2018).

“Kita lihat dari stabilitas sistem keuangan, ada empat hal di Sumut. Dan keempat indikator yang kita lihat menunjukkan perbaikan. Yang pertama dari dunia usaha itu terlihat perusahaan yang berlokasi atau yang beroperasi di Sumut, dari 80 perusahaan terbuka, itu menunjukan peningkatan di profit margin,” ujarnya.

Ia menerangkan, indikator yang kedua yaitu peningkatan juga di rasio hutang terhadap modal. Kemudian  yang ketiga di rasio pengembalian dari modal dan yang  keempat dari tingkat likuiditasnya.

“Empat indikator ini menunjukan adanya iklim usaha di Sumut yang pada ujungnya meningkatkan kekuatan stabilitas sistem keuangan karena memperbaiki kemampuan membayar hutang atau kemampuan menciptakan laba yang dibutuhkan untuk meningkatkan keyakinan dari lembaga keuangan,” terangnya.

Ia menjelaskan, secara umum, korporasi tersebut pada  di triwulan I tahun 2018 jika dibandingkan triwulan I tahun 2017 menunjukan peningkatan yang cukup baik.

“Kalau kita lihat dari sektornya, ini yang membaik itu kalau profit margin tahun lalu 8,3 persen sekarang 8,4 persen. Kalau Return On Equity (ROE) tahun lalu di triwulan yang sama 12 persen, tahun ini 12,2 persen,” jelasnya.

Ia menuturkan, demikian juga likudisi rasio, jika di tahun 2017 lalu 1,5 persen, tahun 2018 ini juga masih 1,5 persen dan ini semua meningkatkan kinerja perbankan di Sumut.

Halaman
12
Penulis: Ayu Prasandi
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved