Breaking News:

Targetkan 400 Jurnal Terindeks Scopus, Ini Strategi Rektor Unimed Prof Syawal Gultom

Ada tiga Program strategi yang sudah dirancangnya untuk meningkatkan jumlah dan kualitas penelitian di UNIMED.

antara
Syawal Gultom 

Laporan Wartawan Tribun Medan, Chandra Simarmata

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Rektor Universitas Negeri Medan (Unimed) Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd menargetkan kampus yang dipimpinnya mampu menghasilkan minimal 400 publikasi ilmiah yang terindeks Scopus untuk tahun 2018.

"Untuk tahun 2018 ini kita memang  targetkan minimal 400 jurnal yang terindeks Scopus di luar prosiding," ujarnya kepada Tribun Medan, Senin  sore (1/10/2018).

Untuk mencapai target tersebut, kata Syawal dirinya pun menerapkan sejumlah strategi. Ada tiga Program strategi yang sudah dirancangnya untuk meningkatkan jumlah dan kualitas penelitian di UNIMED.

Pertama, Pihaknya lebih dulu memetakan dosen-dosen yang sudah punya manuskrip untuk dikirim ke jurnal namun pernah ditolak hasil karyanya.

Menurutnya, para dosen tersebut akan difasilitasi agar ke depan karyanya dapat diterima.

"Seluruh jurnal yang baik bermula dari penelitian yang baik. Kita memetakan dosen-dosen yang sudah punya manuskrip untuk dikirim ke jurnal namun ditolak misalnya, itu kita fasilitasi supaya tidak lagi ditolak," ujarnya.

Kemudian langkah kedua yang dilakukannya adalah melatih Dosen yang sudah maupun belum punya penelitian sehingga tahu bagaimana membuat penelitian yang baik.

"Kedua, orang-orang yang sudah punya penelitian dilatih bagaimana menulis supaya bisa dimuat di jurnal. Karena menulis penelitian menjadi manuskrip perlu strategi juga," terangnya.

Untuk melatih para dosen UNIMED mengembangkan kemampuan risetnya, Prof Syawal mengatakan umumnya UNIMED mengundang para ahli maupun dosen yang berpengalaman dibidang riset dan jurnal terindeks Scopus.

Halaman
12
Penulis: Chandra Simarmata
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved