Jalan Tembus Langkat-Karo Lalui Taman Nasional Gunung Leuser Target Tuntas Akhir 2019

Izin pemakaian kawasan Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) sebagai jalan tembus Kabupaten Langkat menuju Tanah Karo

Jalan Tembus Langkat-Karo Lalui Taman Nasional Gunung Leuser Target Tuntas Akhir 2019
Jalan tembus Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) Langkat-Tanah Karo target akhir tahun 2019 

Laporan Wartawan Tribun Medan/Satia

TRIBUN MEDAN.COM, MEDAN - Izin pemakaian kawasan Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) sebagai jalan tembus Kabupaten Langkat menuju Tanah Karo, diyakini sudah tidak ada kendala lagi.

Menurut Kepala Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi (BMBK) Sumatera Utara, Abdul Haris Lubis, tidak mungkin pelaksanaan pembangunan di lokasi tersebut dapat dilakukan bila tidak mendapat izin atas kawasan dimaksud.

"Mana mungkin bisa dikerjakan kalau tidak ada izinnya," katanya kepada Tribun Medan, di Kantor Gubernur, Jalan Pangeran Diponegoro, Rabu (24/10/2018)

Haris mengungkapkan izin kawasan TNGL untuk jalan tembus telah keluar pada September lalu.

Menurutnya, memang memerlukan waktu yang panjang untuk proses administrasi ke lembaga terkait makanya pengerjaan infrastruktur di wilayah itu sempat terlambat.

"Jadi sudah tidak ada masalah lagi, tinggal pengerjaan saja. Artinya sembari pengerjaan kita akan evaluasi terus," katanya.

Kepala Dinas BMBK Sumut, Abdul Haris Lubis, saat ditemui Tribun Medan, di Kantor Gubernur, Jalan Pangeran Diponegoro, Kota Medan, Rabu (24/10/2018).(Satia)
Kepala Dinas BMBK Sumut, Abdul Haris Lubis, saat ditemui Tribun Medan, di Kantor Gubernur, Jalan Pangeran Diponegoro, Kota Medan, Rabu (24/10/2018). (Satia) 

Adapun hal yang perlu dievaluasi itu menurut Haris, jika diperlukan pemeliharaan atas satwa-satwa yang ada di dalam kawasan tersebut.

Dan jauh sebelum waktu pembangunan dilakukan, sudah melalui kajian oleh pihaknya.

"Tetapi jika nanti sesudah pengerjaan dibutuhkan lagi kajian, apakah ada yang harus kita siapkan. Supaya satwa di sana tidak terganggu, ya kita lakukan," kata mantan sekretaris Dinas Bina Marga Sumut itu.

Halaman
12
Penulis: Satia
Editor: Fahrizal Fahmi Daulay
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved