Fransisko Sitanggang, Anak Petani dari Samosir Wakili Sumut Olimpiade Sains Nasional

Fransisko terlebih dahulu berhasil pada Olimpiade Sains Nasional (OSN) di tingkat Provinsi Sumatera Utara pada tgl 12-13 April 2019 lalu

Fransisko Sitanggang, Anak Petani dari Samosir Wakili Sumut Olimpiade Sains Nasional
TRIBUN MEDAN/ARJUNA BAKKARA
Fransisko Sitanggang, akan mengikuti Olimpiade Sains tingkat Nasional mata pelajaran IPS, yang akan berlangsung pada Juni 2019 di Yogyakarta.

TRIBUN-MEDAN.COM, SAMOSIR - Dinas Pendidikan Kabupaten Samosir berhasil mengirimkan satu putra terbaiknya mengikuti Olimpiade Sains tingkat Nasional mata pelajaran IPS, yang akan berlangsung pada bulan Juni 2019 di Yogyakarta.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Samosir, Rikardo Hutajulu mengatakan siswa tersebut bernama Fransisko Sitanggang, siswa asal SMPN 1 Palipi Kabupaten Samosir yang memang pantas diutus sebagai perwakilan Provinsi Sumatera Utara.

"Syukur, kita memiliki putra terbaik di antara yang baik mengikuti olimpiade tingkat nasional," ujanya di Samosir (7/5/2019).

Menurut Rikardo, keikutsertaan Fransisko Sitanggang bukan asal diutus.

Tentu, katanya Fransisko terlebih dahulu berhasil pada Olimpiade Sains Nasional (OSN) di tingkat Provinsi Sumatera Utara pada tgl 12-13 April 2019 lalu. Karenaya, anak petani tersebut berhak dan pantas diutus.

"Terlebih dahulu dia berhasil pada Olimpiade Sains Nasional (OSN) di tingkat Provinsi Sumatera Utara yang diikuti seluruh Kabupaten/kota di Provinsi Sumatera Utara dengan peserta sebanyak 99 siswa dan Fransisko Sitanggang menjadi salah satu dari 3 orang peserta utusan Provinsi Sumatera pada Pengumuman hasil OSN Sumut," tambahnya.

Pasuria boru Situmorang Ibu Fransisko Sitanggang, mengaku bahagia mengetahui anaknya (Fransisko Sitanggang) satu dari 3 orang mewakili provinsi Sumatera Utara (SUMUT) mengikuti Olimpiade Sains Nasional (OSN) yang akan berlangsung 30 Mei – 06 Juni 2019 di Yokjakarta.

Meski terlahir sebagai anak petani, Fransisko dianggap mampu mengangkat derajat keluarga petani, dan membuktikan bahwa anak seorang petani juga bisa bersaing.

”Kami bangga sekali, anak kami Fransisko Sitanggang bisa mewakili Sumut mengikuti OSN tahun 2019 di Yokjakarta”, ungkap Pasuria boru Situmorang.

Kata ibunya yang sehari-hari bertani itu, Fransisko sejak kelas 1 SD hingga saat ini selalu rangking satu. Fransisko juga dinilau anak yang baik dan turut dengan perintah orangtuanya.

Halaman
12
Penulis: Arjuna Bakkara
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved