Lolos Seleksi, 33 Pelajar Diterima jadi Atlet Binaan PPLP Sumut, akan Disekolahkan dan Dilatih

M Rusli mengatakan atlet yang lolos adalah yang terbaik dari ratusan pelajar se Sumut yang ikut seleksi.

Lolos Seleksi, 33 Pelajar Diterima jadi Atlet Binaan PPLP Sumut, akan Disekolahkan dan Dilatih
TRIBUN MEDAN/CHANDRA SIMARMATA
Para atlet saat mengikuti tes tahap akhir Seleksi penerimaan PPLP/UPT Kebakatan Olahraga Sumut di Komplek Asrama PPLP, Jalan Sekolah Pembangunan, Medan Sunggal, Minggu (28/4/2019). 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumatera Utara (Dispora Sumut) resmi mengumumkan siswa-siswi yang lolos seleksi masuk menjadi atlet binaan di UPT Kebakatan Olahraga Sumut (PPLP) untuk Tahun Ajaran 2019-2020.

Seleksi yang dilaksanakan pada 26-29 April lalu itu meluluskan sebanyak 33 atlet dari 9 cabang olahraga.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sumut Baharuddin Siagian melalui Kabid Pembudayaan Olahraga Dispora Sumut, M Rusli mengatakan, atlet yang lolos adalah yang terbaik dari ratusan pelajar se Sumut yang ikut seleksi.

Menurut Rusli, atlet yang lolos ini diharapkan bisa memberikan kontribusi bagi prestasi PPLP Sumut di event nasional maupun mewakili Indonesia nantinya di ajang internasional.

“Kita tentunya harapkan atlet yang diterima masuk PPLP benar – benar memiliki bakat terbaik di cabor masing – masing. Kita harapkan juga pada tahun 2020 mereka bisa membuktikan prestasi di even nasional. Kita juga akan lakukan evaluasi bagi atlet yang tidak menunjukkan perkembangan selama di PPLP,” ucap Rusli, di Kantor Dispora Sumut, Rabu (12/6/2019).

Tidak hanya prestasi, untuk semua atlet baru maupun yang sudah terlebih dahulu masuk ke PPLP, juga akan dinilai kedisiplinan serta etika dan moral selama di asrama.

Menurut Rusli, prestasi yang dilahirkan atlet tidak hanya karena bakat yang ia miliki, namun juga etika dan kedisiplinan baik saat mengikuti program latihan maupun berada di asrama.

“Mereka ini adalah cikal bakal atlet andalan Sumut untuk jangka panjang menuju PON 2024 saat Sumut dan Aceh menjadi tuan rumah bersama. Minimal mereka ini atlet pelapis untuk senior. Kita harapkan tidak hanya bakat yang meningkat, namun juga disiplin harus dijaga,” harap Rusli.

Lebih lanjut, Pada tahun ajaran 2019/2020, total ada 29 siswa PPLP-D yang keluar karena meluluskan masa studinya. Sementara 4 atlet lainnya merupakan tambahan untuk menggantikan atlet yang mengundurkan diri dari PPLP. Keempat cabor itu yakni, pencaksilat, sepakbola, gulat, dan taekwondo. 

Masuknya 33 atlet baru, maka total ada 107 atlet dari 11 cabang olahraga yang menjadi binaan PPLP- D Sumut. Dari jumlah tersebut 53 atlet berasal dari 5 cabor yang didanai oleh APBN, sedangkan 54 atlet berasal dari 6 cabor yang didanai oleh APBD Sumut.

Halaman
12
Penulis: Chandra Simarmata
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved