TRIBUNWIKI

Masjid Raya Tebing Tinggi, Peninggalan Kerajaan Negeri Padang

Kerajaan Negeri Padang di Tebing Tinggi Deli sejak abad XVII yang dipimpin Raja Umar Baginda Saleh.

Masjid Raya Tebing Tinggi, Peninggalan Kerajaan Negeri Padang
Tribun Medan/Aqmarul Akhyar
Masjid Raya Nur Addin, peninggalan Kerjaan Negeri Padang di Jalan MT Haryono No126, Badak Bejuang, Tebing Tinggi Kota, Kota Tebing Tinggi, Sumatera Utara, Jumat (28/6/2019). 

TRIBUN-MEDAN.com,Tebingtinggi-Sumatera Utara memiliki banyak objek wisata religi dengan sejarahnya. Satu di antaranya objek wisata religi yang ada di Kota Tebing Tinggi.

Objek wisata religi tersebut merupakan Masjid Raya Kota Tebing Tinggi yang terletak di Jalan MT Haryono No.126, Badak Bejuang, Tebing Tinggi Kota, Kota Tebing Tinggi, Sumatera Utara. Nah Masjid ini rupanya merupakan peninggalan Kerjaan Negeri Padang di Kota Tebing Tinggi.

Pada masa berdirinya Kerajaan Negeri Padang di daerah Sumatera Utara. Kerajaan tersebut terdiri lima distrik di daerah Sumatera Utara, termasuk Tebing Tinggi Deli.

Kerajaan Negeri Padang di Tebing Tinggi Deli sejak abad XVII yang dipimpin Raja Umar Baginda Saleh.

Kemudian di lanjutkan anak dan cucunya untuk meneruskan dan memangku Kerajaan Negeri Padang.

Pada saat era Kerajaan Negeri Padang ini juga, Kolonial Belanda juga ingin menguasai daerah Kerajaan Negeri Padang Tebing Tinggi Deli.

Namun setiap yang memimpin Kerajaan Negeri Padang, melakukan perlawanan terhadap Kolonial Belanda. Mulai dari Raja Pertama sampai Raja ke XI, melakukan perlawanan kepada Belanda.

Memasuki era kepemimpinan Raja Kesembilan di Kerajaan Negeri Padang Tebing Tinggi Deli, Tengku Haji Muhammad Nurdin Maha Raja Muda pada 1870 sampai 1914.

Pada masa itulah Masjid Raya Tebing Tinggi Deli didirikan, oleh Tengku Haji Muhammad Nurdi. Kemudian sekarang Masjid tersebut yang berganti nama Masjid Raya Nur Addin.

Akan tetapi menurut Ikhtisar Sejarah pada tahun 1985 - 1907 Majelis Kerapatan Adat Bermusyawarah besar untuk memindahkan pemerintahannya dari kampung bulian ke kampung Bandar Sakit berikut, semua inventaris pemerintahan dan inventaris wakaf/masjid dan sebagainya;

Halaman
12
Penulis: Aqmarul Akhyar
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved