Rayakan Idul Adha, Masjid Shafiyyatul Amaliyyah Kurban 15 Ekor Sapi dan 37 Ekor Kambing

Masjid Shafiyyatul Amaliyyah berhasil mengumpulkan hewan kurban untuk disembelih pada hari Raya Idul Adha 1440 H sebanyak 15 ekor sapi dan 37 kambing

Rayakan Idul Adha, Masjid Shafiyyatul Amaliyyah Kurban 15 Ekor Sapi dan 37 Ekor Kambing
IST
Sebanyak 15 ekor sapi dan 37 ekor kambing di Bumi Perkemahan Pramuka YPSA, Minggu (11/8/2019). 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Masjid Shafiyyatul Amaliyyah berhasil mengumpulkan hewan kurban untuk disembelih pada hari Raya Idul Adha 1440 H sebanyak 15 ekor sapi dan 37 ekor kambing di Bumi Perkemahan Pramuka YPSA, Minggu (11/8/2019).

Ketua panitia pelaksana kegiatan Syahmuda Manurung, S.HI., mengatakan bahwa rangkaian kegiatan bulan Zulhijah di YPSA merupakan pembelajaran bagi seluruh elemen masyarakat terutama siswa-siswi YPSA saat penyelenggaraan penyembelihan hewan kurban.

“Bulan Zulhijah merupakan bulan yang dinantikan umat Islam. Sejarah mencatat berbagai peristiwa yang terjadi di bulan Zulhijah. Di antaranya adalah penyelenggaraan ibadah haji dan penyembelihan hewan qurban,” jelas Syahmuda.

Baca: Warga Binjai Resah, Jelang Pilwako 2020 Banyak Oknum Calo Tim Sukses Pinjam KTP

Ia menambahkan, peserta kurban terdiri dari Pengurus YPSA ditambah dengan siswa, orangtua siswa, SDM YPSA dan masyarakat umum. Dengan penyelenggaraan kurban ini diharapkan siswa-siswi dapat memaknainya agar saling berbagi dan mewujudkan rasa syukur kepada Allah SWT.

Pembagian daging kurban dilaksanakan pada sore harinya dan diberikan kepada masyarakat sekitar, fakir miskin, SDM YPSA Rumah Yatim, dan Penyaluran daging qurban kepada masyarakat jamaah masjid Asyaidah Sei Belutu.

Pagi hari sebelum pemotongan hewan kurban, Yayasan Pendidikan Shafiyyatul Amaliyyah (YPSA) melaksanakan Salat Idul Adha 1440 H di lapangan hijau Raz Garden YPSA.

Prof. Dr. Lahmuddin Lubis, M.Ed, menjadi Imam dan Khatib pelaksanaan Salat Idul Adha 1440 H yang dihadiri oleh civitas akademika YPSA dan warga sekitar YPSA.

Dalam khutbah dengan tema "Melalui Idul Adha Mari Kita Tingkatkan Kesalehan Individual dan Kepedulian Sosial", ustaz mengatakan, “Mari kita jadikan momentum hari raya kurban ini untuk meningkatkan keimanan dan saling menyayangi sesama makhluk ciptaan Allah SWT".

"Jika niat yang tulus berqurban telah ada didalam hati umat Islam, maka peluangnya untuk melaksanakan niat itu sangat mudah untuk merealisasikannya. Salah satunya dengan membudayakan menabung," ajak ustaz.

Usai melaksanakan salat Idul Adha, jamaah salat berbuka puasa bersama di ruang makan YPSA.

Pembina YPSA Buya H. Sofyan Raz, Ketua Umum YPSA Hj. Rahmawaty, Sekretaris Umum YPSA Hj. Rizki Fadilah Raz, tampak menghadiri kegiatan yang setiap tahun dilaksanakan di YPSA ini.(*)

Editor: Muhammad Tazli
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved