Mikail Peroleh Suara Terbesar di Deliserdang, Caleg Terpilih Suara Paling Kecil Bisa Jadi Ketua DPRD

Politisi Partai Golkar Mikail TP Purba berhasil mendulang suara sebanyak 11.175 dari daerah pemilihan I Deliserdang.

Mikail Peroleh Suara Terbesar di Deliserdang, Caleg Terpilih Suara Paling Kecil Bisa Jadi Ketua DPRD
Tribun Medan/ Indra Gunawan
Mikail TP Purba (baju putih) ketika ditemui wartawan di kantor DPRD Deliserdang Kamis, (17/3/2016). 

TRIBUN-MEDAN.com - Calon anggota legislatif (Caleg) DPRD Deliserdang Petahana, Mikail TP Purba menjadi caleg terpilih yang paling banyak mendapatkan perolehan suara pada pemilu 2019.

Hal ini diketahui setelah KPU Deliserdang melakukan rapat pleno penetapan kursi dan calon anggota DPRD Deliserdang terpilih di hotel Wings, Selasa, (13/8/2019).

Dari 50 orang anggota DPRD Deliserdang terpilih yang telah ditetapkan KPU Deliserdang Mikail yang paling tertinggi mendapatkan suara. Politisi Partai Golkar ini berhasil mendulang suara sebanyak 11.175 dari daerah pemilihan I Deliserdang.

Karena suaranya yang begitu banyak itu, pria yang akrab disapa Ucok ini dapat membantu meloloskan Tengku Akhmad Tala'a yang notabene adalah Ketua DPD Partai Golkar Deliserdang. Pada Pemilu 2019 ini Tengku Ahmad Tala'a hanya mendapat perolehan suara 4.428.

Baca: Hore. . Sudah Bisa Mengurus Kartu Identitas Anak (KIA) di Deliserdang

Partai Golkar merupakan satu-satunya Partai yang berhasil mendapatkan dua kursi dari dapil I. Saat ini Ucok sendiri masih merangkap sebagai Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Deliserdang dan tercatat sudah dua periode menjadi anggota DPRD Deliserdang sehingga yang kedepan merupakan periode ke tiganya.

Saat diwawancarai Ucok menjelaskan bahwa sebenarnya suara yang ia dapat ini belumlah sesuai target yang ia harapkan. Karena bayangan dirinya perolehan suara bisa mencapai 18 ribuan.

"Saya bersyukurlah bisa mendapatkan 11 ribuan. Tertinggi ya? Yang jelas terimakasih sekalilah saya ucapkan kepada warga Deliserdang khususnya dapil I yang telah memberikan dukungannya kepada saya sehingga mengantarkan saya untuk periode ke tiga termasuk terimakasih juga kepada tim sukses,"u jar Ucok.

Suara yang didapatkannya pada Pemilu 2019 ini sangat jauh dengan suara yang ia dapatkan pada periode sebelumnya. Pada periode pertamanya menjadi anggota dewan ia mendapatkan perolehan suara sebanyak 7 ribuan sementara untuk periode keduanya 5 ribuan.

"Sebenarnya saya pernah juga dapat suara sampai 12 ribuan waktu masih dapil V (sebelum berubah dapil). Meski segitu suara saya tapi saya enggak duduk karena dulu masih pakai nomor urut," katanya.

Pada periode sebelumnya peroleh suara tertinggi di DPRD Deliserdang adalah politisi Partai Amanat Nasional, Bayu Sumantri Agung yang berhasil mendapatkan perolehan suara sebanyak 8.000. Meski tidak lagi menjadi peraih suara tertinggi pad saat ini namun Bayu masih tetap duduk dari dapil I karena berhasil mendapatkan suara 7.294.

Peraih suara terbanyak kedua pada Pemilu 2019 adalah dr Thomas Darwin Sembiring yang juga merupakan politisi Partai Golkar. Caleg petahana dari dapil III Deliserdang ini berhasil memperoleh sebanyak 10.543 suara.

Adapun caleg terpilih dengan suara terkecil adalah Zakky Shahri. Ketua DPC Partai Gerindra Deliserdang ini hanya mendapatkan perolehan suara 2.447. Walaupun terendah namun Zakky berpeluang besar menjadi Ketua DPRD Deliserdang. Hal ini mengingat Partai Gerindra merupakan Partai Pemenang di Deliserdang dan namanya juga masuk dalam bursa calon Ketua DPRD yang dikirim oleh DPC ke DPW untuk direkomendasikan ke DPP Gerindra. (dra/tribun-medan.com)

Penulis: Indra Gunawan
Editor: Liston Damanik
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved