Warga Australia Gelar Familiarization Trip ke Sumut, Nikmati Pesona dan Panorama Danau Toba

Konjen RI Perth berharap hasil Famtrip ini akan dipromosikan secara meluas untuk mendorong wisatawan Australia Barat berkunjung ke Danau Toba.

Warga Australia Gelar Familiarization Trip ke Sumut, Nikmati Pesona dan Panorama Danau Toba
HO
Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI Perth) berkolaborasi dengan Indonesian Diaspora Network Chapter Western Australia (IDN WA) melaksanakan kegiatan Familiarization Trip (Famtrip) ke Danau Toba, Sabtu (24/8/2019) 

TRIBUN-MEDAN.COM, SAMOSIR - Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI Perth) berkolaborasi dengan Indonesian Diaspora Network Chapter Western Australia (IDN WA) melaksanakan kegiatan Familiarization Trip (Famtrip) ke Danau Toba, Sabtu (24/8/2019).

Konjen RI Perth, Dewi Gustina Tobing mengatakan kegiatan tersebut dimulai pada tanggal 22-26 Agustus  2019 mendatang. Kata Dewi, trip tersebut digelar dalam rangka menerjemahkan kebijakan Pemerintah RI dalam mendorong obyek-obyek destinasi wisata baru.

Dalam amanatnya saat melepas keberangkatan rombongan Famtrip, Dewi menekankan pentingnya Famtrip ini untuk melihat keindahan Danau Toba dengan pesona sejarah. Termasuk, kaldera dan panoramanya serta keindahan budaya dan adat istiadatnya.

Konjen RI Perth berharap hasil dari Famtrip ini akan dipromosikan secara meluas untuk mendorong wisatawan Australia Barat berkunjung ke Danau Toba.

Untuk mendukung promosi wisata Danau Toba ini, IDN WA bekerjasama dengan KJRI Perth telah melaksanakan kunjungan perdana ke Kawasan Danau Toba pada bulan  Januari 2019.

Kunjungan perdana tersebut dilaksanakan secara swadaya mandiri, atas prakarsa Presiden IDN WA, Haris Kumar, dan Tim yang terdiri dari Bintang Pinem, Bernard Tampubolon, Lily Silap, dan Martin Damanik.

"Kunjungan ini memperoleh sambutan positif dari 4 Kabupaten di Kawasan Danau Toba yaitu Kabupaten Tobasa, Samosir, Karo, dan Simalungun, serta didukung pula oleh partner lokal, Toba Odyssey (diwakili oleh Yanes Sidabutar dan Bona Manurung)," jelasnya.

Prakarsa tersebut kata dia mendapatkan apresiasi dan dukungan penuh dari Konjen RI Perth.

"Kedatangan kami ke Danau Toba bukan hanya untuk menawarkan potensi kolaborasi pada bidang pariwisata saja, namun IDN WA juga datang untuk membuka akses seluasnya kepada kawasan Danau Toba dalam bidang transfer of knowledge and technology, serta pendidikan yang berkualitas tinggi bagi masyarakat Danau Toba
dengan melibatkan berbagai stakeholders", Timpal Haris Kumar,

Dalam paparannya di hadapan Bupati Samosir pada lawatan persiapan pra-kegiatan pada bulan Januari 2019 lalu. Dewi juga menambahkan, agenda kegiatan Famtrip akan terdiri atas kunjungan ke empat Kabupaten di
Kawasan Danau Toba (KDT), guna mempromosikan potensi Danau Toba baik dari sisi geografis Kaldera Toba dan keindahan panorama-nya, maupun daya tarik kultural dari adat-istiadatnya.

Halaman
12
Penulis: Arjuna Bakkara
Editor: Royandi Hutasoit
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved