TRIBUNWIKI

Ayo Membaca. . Ini Dua Perpustakaan Umum Negeri di Kota Medan

Di Kota Medan terdapat dua perpustakaan, yaitu perpustakan yang dikelola oleh pihak Pemerintahan Kota Medan dan satu lagi dikelola Pemprovsu.

Ayo Membaca. . Ini Dua Perpustakaan Umum Negeri di Kota Medan
Tribun Medan/Aqmarul Akhyar
Gedung Perpustakaan Daerah Provinsi Sumatera Utara di Jalan Brigjen Katamso Nomor 45 K Sei Mati, A U R, Kecamatan Medan Maimun Kota Medan, Kamis (3/10/2019). 

TRIBUN-MEDAN.com - Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia kata Perpusatakaan diartikan merupakan tempat, gedung atau ruang yang disediakan untuk pemeliharaan dan penggunaan koleksi buku dan sebagainya. Oleh karena itu, wajar saja perpustakaan banyak dikujungi oleh pelajar, mahasiswa serta masyarakat umum lainnya.

Di Kota Medan terdapat dua perpustakaan, yaitu perpustakan yang dikelola oleh pihak Pemerintahan Kota Medan dan satu lagi pihak Pemerintahan Sumatera Utara (Pemrprovsu).

Perpustakaan yang dikelola Pemko Medan yaitu Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Pemko Medan dan Perpustakaan yang dikelola Pemprovsu ialah Perpustakaan Daerah Provinsi Sumatera Utara .

Simak dua perpustakan berikut ini.

1. Perpustakaan Daerah Provinsi Sumatera Utara

Perpustakaan Daerah Provinsi Sumatera Utara ini biasa disebut dengan sebutak Perpustakaan daerah (Pusda) di kalangan mahasiswa dan pelajar Medan. Perpustakaan ini terletak di Jalan Brigjen Katamso Nomor 45 K Sei Mati, A U R, Kecamatan Medan Maimun Kota Medan.

Sejarahnya awalnya Pusda atau Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Sumatera Utara mendirikan Perpustakaan Negara Departemen Pendidikan dan Kebudayaan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Pengajaran dan Kebudayaan RI No.09103 / S / 1956 tanggal 23 Mei 1956.

Negara berubah menjadi Perpustakaan wilayah melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik IndonesiaNomor 0199/0/1978. Pada saat ini Kepala Perpustakaan Wilayah dijabat oleh pejabat eselon IV / A.

Melalui Keppres Nomor 50 tahun 1997 tanggal 29 Desember 1997dan Keputusan Kepala Perpustakaan Nasional RI nomor 44 Tahun 1998 tanggal 23 Juli 1998 kembali diubahmenjadi Perpustakaan Daerah sampai pada diberlakukannya Otonomi Daerah.

Dengan diberlakukannya Otonomi Daerah, Lembaga Perpustakaan dan Arsip Daerah yang ditunjuk Badan Perpustakaan, ArsipDaerah Provinsi Sumatera UtaraberdasarkanPeraturan Daerah Nomor 4 tahun2001 tanggal 31 Juli 2001.

Halaman
123
Penulis: Aqmarul Akhyar
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved