CPNS Pusing Cari Biaya Latihan Dasar Rp 9,3 Juta, Pemkab Deliserdang Janji Bakal Ganti

"Ini sudah enggak benar. Saya khawatir, dan apa jaminannya uang itu akan dikembalikan?" kata Abyadi Siregar.

CPNS Pusing Cari Biaya Latihan Dasar Rp 9,3 Juta, Pemkab Deliserdang Janji Bakal Ganti
TribunWow.com/Rusintha Mahayu
Ilustrasi. Pemerintah akan kembali membuka rekrutmen calon pegawai negeri sipil atau CPNS 2019. Berikut ini perinciannya. (TribunWow.com/Rusintha Mahayu) 

PAKAM, TRIBUN - Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Kabupaten Deliserdang pusing memikirkan biaya ikut latihan dasar (latsar) atau dulu dikenal dengan istilah prajabatan.

Untuk mengikuti latsar, masing-masing CPNS wajib membayar Rp 9.296.000.

Adapun jumlah CPNS di lingkungan Pemkab Deliserdang 680 orang. Beberapa di antara mereka mengaku, terpaksa mencari utangan, karena tidak punya uang sebanyak biaya latsar. Mereka juga mengakui, uang tersebut bakal dikembalikan.

"Ya, pasti pening namanya segitu banyak uangnya. Tapi, mau bagaimana lagi, harus cari utangan lah ini rencananya. Kami dengar sih memang uang itu akan dikembalikan pemkab. Yang jadi persoalan mencari uang sebanyak itu kan susah. Mau enggak mau, ya harus cari pinjaman," ucap CPNS, yang tidak bersedia namanya dipublikasikan, Rabu, (2/10).

Biaya latsar itu, lanjut CPNS tersebut, harus disetor ke kantor Badan Kepegawaian Daerah. Ia mengakui tidak semua CPNS keberatan terkait biaya latsar tersebut. Sebab, menurutnya, keuangan atau ekonomi masing-masing CPNS berbeda-beda. Pelaksanaan latsar dilakukan secara bertahap dan bergantian antara golongan III dan II.

"Belum tahu kapan giliran kami. CPNS kan wajib ikut latsar atau prajabatan. Terkait bayar Rp 9,3 jutaan, saya enggak tahu apakah di daerah lain seperti itu juga atau tidak," katanya.

CPNS lainnya juga berencana meminjam uang untuk ikut latsar. CPNS, yang juga meminta namanya tidak dipublikasikan, menyebut, terus berpikir cara mendapat uang Rp 9,3 juta. Sebab, kalau mengandalkan orangtua juga tidak mungkin. Ia berencana untuk meminjam uang di koperasi PNS.

CPNS di Lingkungan Pemkab Deliserdang tampak bergembira ketika menerima SK Pengangkatan pada awal tahun lalu.
CPNS di Lingkungan Pemkab Deliserdang tampak bergembira ketika menerima SK Pengangkatan pada awal tahun lalu. (Tribun Medan/Indra Gunawan)

"Ada juga ini rencana minjam ke koperasi PNS. Katanya kalau minjam sudah bisa kami. Ya, berita yang naik di online Tribun CPNS pening, ya betul kali lah. Namanya hampir Rp 9,3 kan banyak itu," kata CPNS di satu kecamatan tersebut.

Latsar CPNS Pemkab Deliserdang diadakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Sumatera Utara, yang berkantor di Jalan Bunga Raya Nomor 96 Asam Kumbang, Sunggal Medan.

Saat ini, sudah memasuki gelombang ketiga. Satu angkatan latsar diikuti 56 CPNS. Kepala Subbidang Diklat, Penjenjangan dan Sertifikasi Badan Kepegawaian Daerah Deliserdang Tomi Maxs membenarkan, CPNS dikenakan biaya Rp 9.296.000 untuk kegiatan latsar.

Halaman
1234
Editor: Liston Damanik
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved