Kabut Tebal di Karo Berpotensi Picu Kecelakaan Lalin, Pengendara Diimbau Hidupkan Lampu

Di kawasan Penatapan hingga ke Doulu sering terjadi perubahan cuaca yang cukup cepat. Baik itu hujan, kabut bahkan angin kencang.

Kabut Tebal di Karo Berpotensi Picu Kecelakaan Lalin, Pengendara Diimbau Hidupkan Lampu
Tribun Medan/Muhammad Nasrul
Polantas mengatur lalulintas saat kondisi jalan diselimuti kabut, Jalan Jamin Ginting, Berastagi, Minggu (6/10/2019). 

TRIBUN-MEDAN.com-Sejumlah titik di Kabupaten Karo dilanda kabut tebal saat musim penghujan. Kondisi ini dikhawatirkan dapat memicu kecelakaan lalu lintas.

Untuk itu, petugas lalu lintas dari Polsekta Berastagi sudah turun ke lapangan sejak pagi hari.

"Untuk di kawasan Penatapan hingga ke Doulu sering terjadi perubahan cuaca yang cukup cepat. Baik itu hujan, kabut bahkan angin kencang."

"Untuk itu, kami imbau pengendara agar selalu menghidupkan lampu kendaraannya. Kemudian selalu berhati-hati, mengingat sekarang sudah masuk musim hujan," kata Kanit Lantas Polsekta Berastagi, Ipda P Hutahaean, Minggu (6/10/2019).

Ia mengatakan, untuk mengantisipasi adanya kecelakaan, sedikitnya 25 personel bersiaga di sejumlah titik. Kemudian, pihaknya turut memasang sejumlah baliho imbauan, agar pengendara tetap berhati-hati saat mengemudi.

"Mulai dari Tahura sampai Penatapan sudah kita tempatkan beberapa rambu-rambu, agar pengendara selalu memperhatikan kondisi jalan," katanya.

Selain kabut, pihaknya turut mengatensi bencana longsor. Sebab, wilayah dari Penatapan hingga Tahura kondisi mendannya berbukit. Jadi perlu dilakukan antisipasi jika nantinya terjadi longsor.

"Pada saat musim hujan seperti ini, kita juga harus mewaspadai terjadinya longsor. Makanya sudah kita tempatkan satu alat berat di pos Doulu, untuk berjaga-jaga jika nanti terjadi longsor. Operatornya juga sudah kita minta untuk tetap sedia 24 jam," ungkapnya.

Lebih lanjut, Hutahaean mengatakan pada saat akhir pekan seperti ini lalulintas di Kabupaten Karo khususnya di kawasan Berastagi sedikit bertambah.

Menurutnya, rata-rata penambahan volume kendaraan yang masuk ke Kabupaten Karo berkisar 50 persen dari hari biasanya.

"Peningkatan kendaraan untuk akhir pekan bisanya meningkat 50 persen. Namun, untuk hari ini, kita lihat arus lalu lintas masih terlihat ramai lancar," katanya. (cr4)

Editor: Liston Damanik
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved