Gratis Tapi Dikutip Biaya Parkir, Warga Medan Keluhkan Retribusi di Depan Swalayan

Masyarakat Kota Medan merasa heran sekaligus resah terhadap kondisi perparkiran di sebagian besar swalayan.

Gratis Tapi Dikutip Biaya Parkir, Warga Medan Keluhkan Retribusi di Depan Swalayan
Tribun Medan/ Dedy Kurniawan
Kapolsek Medan Kota saat memberikan pengarahan dan pembinaan kepada juru parkir yang dirazia kepolisian, Sabtu (14/11/2015). 

MEDAN, TRIBUN - Masyarakat Kota Medan merasa heran sekaligus resah terhadap kondisi perparkiran di sebagian besar swalayan.

Pasalnya, di tiap-tiap depan toko retail terpajang tulisan yang menyebutkan parkir gratis, namun pelanggan tetap dikutip retribusi oleh juru parkir (jukir).

"Saya pernah dimintai untuk bayar jasa parkir, padahal ada keterangan bebas parkir. Lokasinya di Jalan HM Yamin. Tentu saya merasa tidak nyaman dengan kondisi seperti itu," ungkap seorang pengendara sepeda motor, Natan, kepada Tribun Medan, Senin (7/10/2019).

Ia bahkan mengaku pernah protes kepada jukir, tetapi malah diprotes ulang. Menurutnya, kondisi seperti ini perlu pembenahan dari Pemerintah Kota (Pemko) Medan, khususnya Dinas Perhubungan.

"Masih perlu pembenahan ke depannya soal lahan parkir ini. Sangat mengganggu. Masalah parkir yang lain juga, lalu lintas bisa macet di mana-mana," ujarnya.

Ia berharap persoalan ini perlu diperhatikan, seperti halnya lahan parkir. Mana yang harusnya membayar retribusi mana yang tidak. Ketika ada keluhan seperti ini, katanya, dinas terkait bisa menindaklanjuti dan melihat letak kesalahan untuk evaluasi.

"Minimal mengatur lahan parkir yang resmi dan menindak lahan parkir yang ilegal," terangnya.

Hal serupa juga dirasakan oleh Nazla. Ia pernah membayar uang retribusi di swalayan yang seharusnya digratiskan.

"Enggak setuju sebenarnya sama juru parkir yang minta uang parkir, padahal sudah jelas terpampang parkir gratis," katanya.

Terlebih lagi kebanyakan yang seperti itu adalah juru parkir liar. Harusnya, tambah Nazla, pihak swalayan mengambil tindakan dalam hal ini.

Halaman
1234
Editor: Liston Damanik
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved