Kunjungan Industri ke Toba Samosir, Mahasiswa Fakultas Teknik UDA Petik Banyak Pelajaran

para mahasiswa berkesempatan melihat langsung jalannya roda industri dua perusahaan besar di Kabupaten Toba Samosir

Kunjungan Industri ke Toba Samosir, Mahasiswa Fakultas Teknik UDA Petik Banyak Pelajaran
TRIBUN MEDAN/HO
Perjalanan para mahasiswa Fakultas Teknik UDA menuju Kabupaten Toba Samosir untuk melakukan Studi Industri. 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Sejumlah mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Dharma Agung (UDA) yang tergabung dalam studi tour industri ke Kabupaten Toba Samosir memetik banyak pelajaran dari kunjungannya.

51 Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin, Elektronika dan Sipil ini mengaku dapat memahami konsep teori dan praktik dalam menjalankan roda industri.

Pasalnya dalam studi industri kali ini, para mahasiswa berkesempatan melihat langsung jalannya roda industri dua perusahaan besar di Kabupaten Toba Samosir, PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) dan PT Toba Pulp Lestari. Mulai dari hulu hingga hilir produk industri mereka terima dalam kunjungan yang dilakukan selama dua hari ini.

"Jadi kemarin setelah kita pulang dari sana. Kita banyak melihat penerapan teori dalam praktiknya di dunia kerja. Ada yang memang terbatas dari yang kita pelajari sehingga banyak ilmu yang diperoleh dari sana (Toba Samosir)," ujar Aldi Simangunsong selaku Kordinator Studi Mahasiswa FT UDA, Selasa (22/10/2019).

Dalam wawancara yang berlangsung di kampus yang berlokasi di Jalan TD Pardede, No.21, Kelurahan Petisah Hulu, Kota Medan ini, Aldi menyampaikan banyak hal yang dipetik dalam hal teknis.

"Kita diajari proses pembibitan pohon eucalyptus untuk bahan baku pembuatan kertas milik TPL. Kemudian bagaimana mengelola limbahnya baik udara maupun air. Di Inalum, teman teman juga mendapat pelajaran bagaimana menjalankan mesin turbin dan konstruksi terowongan," ujar Aldi.

Dekan Fakultas Teknik Ir Berlin Saragih, M.T mengatakan agar studi tour industri yang dilaksanakan mahasiswa dapat menjadi modal di dunia kerja saat menjadi sarjana nantinya. Ia juga berharap program yang sama, berlanjut dan lebih meningkat setiap tahunnya.

Oleh sebab itu, Dekan yang didampingi Dosen FT Ir Jumari menyampaikan ada rencana dalam waktu dekat menyusun Memorandum of Understanding (MoU) dengan Toba Pulo Lestari terkait sumber tenaga kerja.

"Ini bukan yang pertama kita studi industri ke sana (TPL) ke depan ada rencana meningkatkan kerjasama dalam hal sumber tenaga kerja. Yang mana Alumnus FT UDA yang berkompeten berpeluang bergabung dengan perusahaan," ujar Jumari.

Lebih lanjut, Dekanat Fakultas Teknik UDA akan meningkatkan kemampuan teknis para mahasiswanya. Studi Industri dengan berbagai kesempatan baik di dalam maupun di luar kampus akan ditingkatkan guna menghadapi era Industri 4.0.

Dalam kunjungan yang berlangsung 1-2 Oktober 2019 di kedua perusahaan tersebut, empat Dosen UDA turut mendampingi para mahasiswa. Diantaranya Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan Tambos A Sianturi, MT dan ketiga dosen Ir Jumari E SKA, Dogar Situmeang MT serta Johnson M Siburian MT

(cr15/tribun-medan.com)

Penulis: Alija Magribi
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved