Siap Unjuk Kemampuan, Penari Thailand Akan Tampilkan Nang Talung (Wayang Kulit) di Gemes

Gelar Melayu Serumpun (Gemes) 2019 disambut penuh ceria oleh para penari asal Thailand dari

Siap Unjuk Kemampuan, Penari Thailand Akan Tampilkan Nang Talung (Wayang Kulit) di Gemes
TRIBUN MEDAN/GITA TARIGAN
Penari asal Thailand menggunakan kostum Nora Dance di hari pertama Gelar Melayu Serumpun (Gemes) 2019, yang diselenggarakan di Halaman Istana Maimun Medan, Jalan Sultan Ma'moen Al Rasyid Nomor 66, Medan. 

TRIBUN-MEDAN.com - Tidak hanya disambut oleh masyarakat kota Medan, Gelar Melayu Serumpun (Gemes) 2019, yang diselenggarakan di Halaman Istana Maimun Medan, juga disambut penuh ceria oleh para penari asal Thailand dari Suratthani Rajabhat University.

Satu diantara penari, Didi mengatakan mereka membawa 14 penari untuk unjuk kemampuan selama tiga hari.

Diid mengaku baru pertama kali menginjakkan kaki di Medan, dan mengapresiasi kegiatan ini sebagai ajang silaturahmi antar penari dari beberapa negara terkhusus Indonesia.

Saat menjadi penari dalam Opening Ceremony, grup mereka menggunakan kostum untuk tarian Nora. Para penari Thailand yang didominasi oleh lelaki tersebut, mengenakan pakaian berwarna-warni dengan aksesoris, lengkap serta mahkotanya berwarna kuning keemasan.

"Untuk hari ini kita menari untuk opening ceremony, meski cuma satu menit kami tetap semangat. Karena di hari pertama semua perwakilan dari beberapa negara wajib ikut serta menari. Ini juga pertama kali kami menari Ahoy," katanya.

Didi mengatakan di hari kedua yakni 2 November, grup mereka akan membawa dua tarian yakni Tarian Nang Talung dan Nora Dance. Ia menjelaskan bahwa Nang Talung memiliki kemiripan bahkan hampir sama dengan wayang kulit Indonesia.

"Nang Talung adalah sebuah gaya tradisional dari pertunjukan wayang kulit dari Thailand bagian selatan. Kalau di Thailand kami sebut Nang Talung kalau di Indonesia namanya wayang kulit dan besok kita juga bawa tarian Nora Dance. Kostum yang kami gunakan ini adalah kostum Nora Dance," katanya.

Ia berharap kegiatan ini dapat terus terlaksana agar para anak muda dapat saling berbagi informasi terkait seni tari dan lainnya.

"Kami sangat bahagia mengikuti kegiatan ini, karena melalui kegiatan ini kita bisa bekajar persamaan dan perbedaan dari masing-masing budaya," katanya.

Bukan hanya penari Thailand, Gemas juga akan menghadirkan penampilan dari Negara Serumpun seperti Malaysia, Brunei Darussalam, Thailand, Singapura, dan Korea Selatan. Kemudian ditambah lagi peserta berbagai provinsi diantaranya, Yogyakarta, Jawa Barat, Sumatera Barat, Lampung, Riau, Bengkulu, Nangroe Aceh Darusalam, dan Jambi.

(cr21/tribun-medan.com)

Penulis: Gita Nadia Putri br Tarigan
Editor: Fahrizal Fahmi Daulay
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved