Tribun Wiki

Gereja Maria Annai Velangkanni Medan, 8 Simbol Religius dan Maknanya

ereja Maria Annai Velangkanni Medan atau sering disebut Graha Maria Annai Velangkanni terletak di Jalan Sakura, Tanjung Selamat, Medan Tuntungan.

Gereja Maria Annai Velangkanni Medan, 8 Simbol Religius dan Maknanya
Tribun Medan/Aqmarul Akhyar
Gereja Maria Annai Velangkanni Medan 

TRIBUN-MEDAN.com - Gereja Maria Annai Velangkanni Medan atau sering disebut Graha Maria Annai Velangkanni terletak di Jalan, Sakura III Nomor 7-10, Tanjung Selamat, Kecamatan Medan Tuntungan, Kota Medan, Sumatera Utara.

Gereja Katolik ini memiliki arsitektur bangunan bergaya India-Munghal yang sangat berbeda dengan arsitektur gereja yang ada di Kota Medan, Selasa (26/11/2019).

Dilihat dari jarak jauh, Graha Maria Annai Velangkanni ini terlihat seperti candi Budha bergaya Tibet karena kehadiran karakter India dan Cina pada desain arsitektur bangunan.

Kombinasi warna coklat, abu-abu, dan merah di bangunan ini, dan pagoda piramida di atasnya, memberi kesan sebuah biara Budha atau Hindu di suatu tempat di India.

Selain itu, dua anak tangga berkelok-kelok (satu di sebelah kanan, dan satu di sisi kiri bangunan) membawa anda ke lantai dua, menyerupai istana Kota Terlarang di Beijing, Negara China.

Bangunan Graha Maria Annai Velangkanni memilki simbol religius, dan semua simbo religius menghiasi bangunan yang selaras dengan struktur tempat suci, serta membentuk kesatuan yang indah.

Nilai estetika dan religius berbaur untuk mengungkapkan kebesaran dan misteri agung keagungan ilahi. Berikut keterangan delapan tempat yang ada di Gereja Maria Annai Velangkanni Medan memilki makna simbol religius.

1. Gerbang Masuk

Saat anda memasuki gerbang utama, anda akan mendapat sambutan inkulturatif dari rumah adat Sumatra Utara (rumah tradisional orang-orang Toba dan orang-orang dari suku Batak), yang menghiasi bagian atas pintu masuk. Juga pada bagian atas adalah gambar timbul dari Msgr. A.G.P. Datubara, mantan uskup agung Medan, yang menyambut pengunjung.

Patung-patung orang-orang dari berbagai ras dan budaya Indonesia di dinding sekitar Graha Maria melambangkan kesatuan diantara umat Allah; dan juga melambangkan bahwa setiap orang dan semua orang terlepas dari iman atau budaya disambut dengan Oasis Spiritualitas Kristen dan Penyembuhan ini.

Gereja  Maria Annai Velangkanni Medan
Gereja Maria Annai Velangkanni Medan (Tribun Medan/Aqmarul Akhyar)
Halaman
1234
Penulis: Aqmarul Akhyar
Editor: Liston Damanik
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved