Sumut Peringkat Keenam Kasus HIV, Ibu Rumah Tangga Rentan Tertular

Jumlah Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA) hingga Agustus 2019 di Sumatera Utara (Sumut) sebanyak 9.362 orang.

Sumut Peringkat Keenam Kasus HIV, Ibu Rumah Tangga Rentan Tertular
Tribun Medan
Headline Tribun Medan edisi Senin, 2 Desember 2019. 

MEDAN, TRIBUN-Jumlah Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA) hingga Agustus 2019 di Sumatera Utara (Sumut) sebanyak 9.362 orang.

Berdasarkan data kumulatif Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara, yang dihimpun Tribun Medan pada Jumat (29/11), rinciannya adalah sebanyak 4.182 pengidap Human Immunodeficiency Virus (HIV), dan 5.180 lainnya pengidap Acquired Immunodeficiency Syndrome (AIDS).

Hal tersebut dikatakan Kepala Sekretariat Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Sumut, Ramadhan.

Ia menyampaikan, dari jumlah tersebut, faktor risiko hubungan seks menunjukkan angka terbanyak dengan 7.875 (mencakup heteroseksual dan homoseksual), narkoba suntik 1.188, tranfusi darah 84, anak terinfeksi ibu 122, dan ibu rumah tangga terinfeksi 87 kasus.

"Adapun data sejak April-Juni 2019 dari Sistem Informasi HIV/AIDS dan IMS (SIHA) Kemenkes RI menunjukkan Sumut memiliki kasus HIV sebanyak 545, sehingga menempati posisi keenam setelah Jawa Timur, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Papua," ujarnya.

Dalam memperingati Hari AIDS Sedunia, pada 1 Desember, secara internasional mencuat tekad untuk mengakhiri permasalahan HIV/AIDS pada 2030. Tekad tersebut, lanjut Ramadhan, juga didukung angka HIV yang turun hingga 35 persen, dan orang yang meninggal akibat AIDS juga turun hingga 42 persen.

"Di Indonesia, melalui The Indonesia AIDS Conference, juga memiliki tekad yang sama untuk mewujudkannya. Hal ini mencakup upaya kepala daerah seluruh Indonesia mengakhiri epidemi HIV/AIDS. Termasuk berbagi informasi tentang epidemi, pertemuan forum masyarakat, pelaksanaan advokasi, dan penguatan lembaga KPA," katanya.

Terkait angka prevalensi HIV, Ramadhan mengatakan, sejauh ini belum dapat diturunkan, khususnya faktor risiko hubungan seks. Begitu pula, kasus yang ditemukan dan dilaporkan masih jauh dari jumlah kasus HIV yang diperkirakan.

"Sebagai gambaran, estimasi ODHA pada 2016 sebanyak 640.443 kasus, sedangkan yang dilaporkan hingga Juni 2019 baru 349.882," katanya.

Rentan Infeksi

Halaman
1234
Editor: Liston Damanik
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved