Tribun Wiki

Digital Library Univesitas Negeri Medan, Salah Satu Perpustakaan Terbaik di Indonesia

Perpustakaan Universitas Negeri Medan (Unimed) menyandang akreditasi A dan merupakan salah satu perpustakaaan terbaik di Indonesia.

Digital Library Univesitas Negeri Medan, Salah Satu Perpustakaan Terbaik di Indonesia
Tribun Medan/Aqmarul Akhyar
Tampak depan Digital Library, yang terletak di Jalan William Iskandar, Pasar V, Kenangan Baru, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deliserdang. 

TRIBUN-MEDAN.com - Perpustakaan Universitas Negeri Medan (Unimed) merupakan salah satu perpustakaaan terbaik di Indonesia. Status didukung oleh fasilitas dan gedung baru yang ditempati sejak September 2013.

Perpustakaan yang memiliki luas 13.585 m2 ini kemudian berubah nama menjadi Digital Library, yang terletak di Jalan William Iskandar, Pasar V, Kenangan Baru, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Selasa (3/12/2019).

Perpustakaan Unimed sebelum berubah nama menjadi Digital Library, tentunya memiliki proses yang panjang dan memiliki cerita sejarah sejarahnya.

Awalnya perpusatakaan ini merupakan perpustakaan Fakultas FKIP USU. 

Pada tahun 1959, Perpustakaan dipimpin oleh Ny. Fondoh Hoeres. Pada tahun 1969 perpustakaan baru menempati gedung tersendiri dengan ukuran 800 m2 berlantai dua. Unsur pimpinan berganti pada tahun 1962 dipimpin oleh Ny. Hajani Adnan. 

Pada tahun 1963 beralih kepada Drs. M. Simatupang dan pada tahun 1965 pimpinan diserahkan kepada Drs. J. Tumanggor serta pada tahun 1977 pimpinan perpustakaan dijabat oleh Drs. M. Tambunan.

Koleksi Digital Library Unimed.
Koleksi Digital Library Unimed. (Tribun Medan/Aqmarul Akhyar)

Dengan keluarnya PP 30 tahun 1980 maka status perpustakaan menjadi Unit Pelaksana Teknis, dimana Kepala UPT Perpustakaan bertanggung jawab langsung kepada Rektor dengan pembinaan sehari-hari dilakukan oleh Pembantu Rektor I.

Agustus 1984 Kepala, Perpustakaan saat itu, Drs. M. Tambunan, mengikuti tugas belajar ke Amerika Serikat maka perpustakaan dipimpin  oleh Drs. Belling Siregar. Mei 1986, setelah Drs. M. Tambunan kembali dari tugas belajar kepala UPT Perpustakaan IKIP Medan kembali dipimpinnya.

Tahun 1987, UPT Perpustakaan IKIP Medan pindah ke lokasi kampus baru Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate, dengan menempati gedung seluas 3.000 m2 berlantai tiga.  Karena kampus IKIP Medan menempati tiga tempat yaitu kampus lama Jl. Merbau, kampus Jl. Pelajar dan Kampus baru Jl. Willem Iskandar Pasar V

Maka, UPT Perpustakaan mengambil kebijakan, sejak tahun 1990 membuka perpustakaan di tiap-tiap fakultas yang ada dengan sebutan Ruang Baca Fakultas, hal ini dimasudkan untuk mendekatkan koleksi kepada pemakai perpustakaan terutama bagi pengguna yang masih jauh dari UPT Perpustakaan di kampus baru.

Mesin pengembalian buku di Digital Library Unimed.
Mesin pengembalian buku di Digital Library Unimed. (Tribun Medan/Aqmarul Akhyar)
Halaman
12
Penulis: Aqmarul Akhyar
Editor: Liston Damanik
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved