Inspirasi

Monitoring Evaluasi Sosial Media, Begini Caranya

Apakah pemasar suka atau tidak, konsumen sekarang menghasilkan lebih dari 26% dari konten yang muncul dalam pencarian web untuk nama-nama tertentu mer

Monitoring Evaluasi Sosial Media, Begini Caranya
internet
Sosial Media 

APAKAH pemasar suka atau tidak, konsumen sekarang menghasilkan lebih dari 26% dari konten yang muncul dalam pencarian web untuk nama-nama tertentu merek, dan konsumen sering percaya mereka pesan media sosial lebih dari iklan atau berita artikel tentang merek.

Penelitian telah menunjukkan bahwa ini “elektronik word-of-mouth” dipandang sebagai diandalkan oleh konsumen dan secara signifikan mempengaruhi nilai yang dirasakan perusahaan.

Tapi dengan persenjataan lengkap seperti saluran di luar sana, bagaimana pemasar di media sosial dapat melacak apa yang dikatakan orang? Dan strategi apa yang dapat diimplementasikan untuk terlibat mereka konsumen untuk mempengaruhi percakapan? Itu peran monev media sosial audit.

Ini adalah pemeriksaan yang sistematis data sosial untuk membantu pemasar menemukan, mengkategorikan, dan mengevaluasi semua pembicaraan sosial tentang merek. Pendekatan ini merekam apa yang konsumen katakan tentang merek, apa yang kompetitor lakukan di media sosial, dan apa merek itu sendiri lakukan.

Monev Sosial Media bisa dikembangkan dari prinsip pertanyaan dalam bahasa Inggris yang terdiri dari 5 W yang diajarkan kepada para wartawan : siapa, di mana, apa, kapan, dan mengapa:

  1. Who /Siapa mengkategorikan data sesuai dengan siapa yang sedang berbicara, apakah itu adalah perusahaan, konsumen, atau pesaing.
  2. Where /Dimana daftar isi oleh saluran media sosial dan lingkungan. Saluran termasuk outlet seperti YouTube, Facebook, atau Pinterest, sedangkan lingkungan mengacu pada tampilan dan nuansa.
  3. What /Apa daftar jenis konten, seperti artikel, foto, atau video, ditambah sentimen postingan sebagai positif, negatif, atau netral.
  4. When/ Kapan menghitung frekuensi aktivitas, seperti jumlah posting, komentar, pandangan, atau berbagi, per hari, minggu, atau bulan.
  5. Why /Mengapa menentukan tujuan pesan dari kesadaran dan promosi keluhan atau pujian. Jika berlaku, indikator kinerja utama (KPI) disertakan.
  6. Akhirnya, masing-masing pengamatan diberi angka, baik sebagai masalah atau kesempatan untuk bantuan menentukan tindakan pemasaran yang tepat dalam strategi sosial.

Melakukan monev media sosial mengikuti template berikut akan membantu perusahaan Mewajibkan untuk mencari tahu setiap saluran tujuan dan kinerja utama indikator. Misalnya, “mengapa organisasi memiliki halaman Instagram dan bagaimana keberhasilan diukur?” Hanya karena pesaing memiliki halaman bukan alasan strategis yang tepat.

Hal ini juga membantu pemasar untuk melihat merek mereka dari perspektif konsumen dan idealnya membantu pemasar menggeser pola pikir mereka dari kontrol untuk keterlibatan.

Misalnya, ketika coklat Yunani merek Lacta ingin meningkatkan pemasaran mereka di Facebook, mereka tidak hanya posting yang ada slogan dan pesan kampanye iklan.

Agen pemasaran mereka OgilvyOne pertama memonev diskusi pada saluran dengan mendengarkan apa yang dikatakan di dalam dan sekitar merek.

Apa yang mereka temukan adalah mengejutkan. Orang-orang membandingkan orang yang mereka cintai untuk manisnya menulis coklat Lacta, “Anda mungkin tidak Lacta, tetapi Anda adalah bagian termanis dalam hidup saya.”

Halaman
123
Editor: Ismail
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved