TRIBUN-WIKI: Mengenal Sejarah Kota Tebing Tinggi

Makalah itulah yang kemudian dijadikan sebagai Peraturan Daerah (Perda) dalam penetapan awal berdirinya Kota Tebing Tinggi, yakni 1 Juli 1917.

TRIBUN-WIKI: Mengenal Sejarah Kota Tebing Tinggi
Tribun-Medan.com/Aqmarul Akhyar
Gapura Selamat Datang Kota Tebing Tinggi yang terletak di Kecamatan Rambutan, Kota Tebing Tinggi. 

 TRIBUN WIKI: Mengenal Sejarah Kota Tebing Tinggi

Laporan Reporter Tribun Medan/Aqmarul Akhyar

TRIBUN-MEDAN-WIKI.com - Kota Tebing Tinggi bukan hanya dikenal sebagai kota pendidikan di Sumut, tapi juga berjuluk kota lemang.

Ya, kota itu merupakan penghasil lemang yang lezat dan maknyus.

Di balik beragam sebutan itu, Kota Tebing Tinggi ternyata memiliki sejarah panjang terkait sejarah terbentuknya menjadi sebuah kota pada masa kerajaan dan kolonial Belanda.

Sejarah mencatat, Kota Tebing Tinggi yang merupakan daratan yang terhampar di sepanjang pinggiran Sungai Padang dan Sungai Bahilang, mulai dihuni sebagai tempat tinggal pada tahun 1864.

Data hunian itu merupakan pernyataan resmi yang dibuat oleh sejumlah tokoh masyarakat Kota Tebing Tinggi pada tahun 1987.

Pernyataan ini terdapat dalam makalah berjudul “Kertas Kerja Mengenai Pokok-Pokok Pikiran Sekitar Hari Penetapan Berdirinya Kotamadya Daerah Tingkat II Tebing Tinggi.”

Makalah itulah yang kemudian dijadikan sebagai Peraturan Daerah (Perda) dalam penetapan awal berdirinya Kota Tebing Tinggi, yakni 1 Juli 1917.

Di dalam makalah itu, dipaparkan pula bagaimana perkembangan daerah ini setelah dihuni tahun 1864.

Halaman
123
Penulis: Aqmarul Akhyar
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved