Melatih Ketenangan dan Kesabaran Melalui Olahraga Kayak

Salah satu olahraga mengarungi arus deras yang menantang adalah kayak, yang menggunakan alat sejenis sampan atau kano dan dayung (paddle).

Melatih Ketenangan dan Kesabaran Melalui Olahraga Kayak
HO
Seorang penggiat olahraga kayak sedang berlatih di arus tenang Sungai Bingei, Langkat. 

Melatih Ketenangan dan Kesabaran Melalui Olahraga Kayak

TRIBUN-MEDAN.com - Salah satu olahraga mengarungi arus deras yang menantang adalah kayak. Olah raga yang menggunakan alat sejenis sampan atau kano dan dayung (paddle) ini menjadi salah satu hobi yang digemari khususnya bagi mereka yang menyukai olahraga memicu adrenalin.

Seorang penggiat kayak di Medan, Yudi mengaku bahwa perkumpulan kayak yang diikutinya sebenarnya bukan sebuah komunitas resmi yang sudah punya nama. Komunitas ini, terangnya, merupakan perkumpulan anak-anak muda yang memiliki hobi berkegiatan di alam bebas.

"Pembentukan komunitas kayak ini belum ada secara resmi ditentukan. Tapi mulai terjadwal rutin sejak ada grup, tepatnya 18 Oktober 2019," katanya pada Tribun, Jumat (10/1/2020).

Ia bersama beberapa penggiat lainnya saat ini tengah fokus untuk berlatih kemampuan dasar bermain kayak. Ia juga mengatakan, sesekali mereka berlatih di arus deras (jeram) secara langsung di sungai.

"Saat ini masih fokus pada latihan dasar dulu. Misalnya paddling, rolling, sesekali latihan di jeram," tambahnya.

Yudi juga menceritakan bagaimana awalnya ia dan teman-temannya mulai aktif menekuni hobi barunya yang dianggap menantang ini. Awalnya dari hanya berdua saja menjadi mulai memiliki beberapa anggota untuk latihan.

"Mulanya itu udah sejak awal 2019, tapi tidak secara rutin dilakukan. Latihan awal cuma ada dua org yang aktif, aku sama teman. Terus ikutan lagi yang lain. Ternyata ada senior yang mau memfasilitasi dengan meminjamkan kayaknya untuk latihan. Nah, mulai dari situlah semakin banyak yang ikut latihan. Berhubung hobi jadi gak terlalu menekankan kali untuk membuat latihan rutin," tuturnya.

Secara pribadi, Yudi mengatakan tertarik menekuni olahraga kayak karena ia bisa melatih ketenangan dan kesabaran.

Ia menuturkan, saat melewati jeram, kayak yang tidak stabil bisa saja jatuh. Saat itulah dibutuhkan ketenangan mengatasi kepanikan.

Halaman
12
Penulis: Rechtin Hani Ritonga
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved