Tribun Wiki

Markisa Noerlen, Sediakan Sirup Markisa dan Kuliner Berbahan Asli Sejak 1985

Markisa Noerlen dirintis oleh Hajjah Noerlen pada tahun 1985. Awalnya, produk markisa ini menggunakan nama Markisa Asli Famili.

Markisa Noerlen, Sediakan Sirup Markisa dan Kuliner Berbahan Asli Sejak 1985
Tribun Medan/Aqmarul Akhyar
Rumah Markisa Noerlen terletak di Jalan Sei Tuan No 7, Medan Baru, Kota Medan, Sumater Utara. 

TRIBUN-MEDAN-WIKI.com – Kota Medan memiliki beberapa kuliner yang menjadi ikon dan oleh-oleh khas kota tersebut.

Salah satunya Markisa Noerlen yang legendaris di Kota Medan sejak 1985.

Markisa Noerlen dirintis oleh Hajjah Noerlen pada  tahun 1985. Awalnya, produk markisa ini menggunakan nama Markisa Asli Famili. Namun, belakangan ini diganti menjadi Markisa Noerlen.

Nama Noerlen tersebut diambil dari ibu Hj Noerlen, sang pendiri Markisa Asli Famili. Namanya produk diganti karena saat ingin hak patenkan nama Markisa Asli Famili, ternyata produk yang menggunakan nama Famili sudah terlalu banyak.

Generasi penerus pengelola Markisa Noerlen, Rais Wan, menjelasakan bahwa ibunya, Hajjah Noerlen, lahir di Padang Panjang, Sumatera Barat, 22 Juni 1935. Hajjah Noerlen  menikah dengan Haji Syoerki Sama dan memiliki 5 putra dan 1 putri.

Kini Markisa Noerlen terkenal sebagai oleh-oleh khas Kota Medan sampai ke manca negara.

Awalnya Hajjah Noerlen menjalankan perannya sebagai ibu rumah tangga. Karena hobinya memasak, beliau rajin bereksperimen membuat sirup berbahan buah markisa untuk dikonsumsi keluarga.

Seiring waktu, Hajjah Noerlen membuat lebih banyak sirup dan membagi-bagikannya sebagai buah tangan kepada sanak saudara dan jiran.

Karena cita rasa dari Markisa Noerlen sangat nikmat dan lezat serta fresh, sanak saudara dan tetangga meminta beliau untuk terus memproduksi sirup untuk dijual.

Selanjutnya, Hajjah Noerlen pun memproduksi sirup dengan peralatan sederhana, yang sampai sekarang cara itu tetap diteruskan sebagai tradisi keluarga.

Halaman
1234
Penulis: Aqmarul Akhyar
Editor: Liston Damanik
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved