Komisaris Utama hingga Non Independen Ditetapkan di RUPS-LB Bank Sumut

Brata Kesuma sebagai Komisaris Independen Bank Sumut dan Syahruddin Siregar sebagai Komisaris Non Independen Bank Sumut.

Komisaris Utama hingga Non Independen Ditetapkan di RUPS-LB Bank Sumut
HO
Suasana RUPS-LB Bank Sumut 

Komisaris Utama hingga Non Independen Ditetapkan di Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa Bank Sumut

TRIBUN-MEDAN.com- Rizal Fahlevi Hasibuan ditetapkan sebagai komisari utama Bank Sumut di Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS-LB) Bank Sumut yang diadakan di Ruang Rapat Besar Kantor Pusat Bank Sumut, Kamis (30/1/2020).

Dalam rapat yang juga dihadiri Wakil Gubernur dan dan seluruh pemimpin kabupaten/kota Sumatera Utara tersebut, juga ditetapkan Brata Kesuma sebagai Komisaris Independen Bank Sumut dan Syahruddin Siregar sebagai Komisaris Non Independen Bank Sumut.

Bank Sumut Serahkan Bantuan Untuk Korban Banjir Bandang di Labura

Direktur Utama PT. Bank Sumut, Muchammad Budi Utomo mengatakan pengangkatan komisaris non independen dilakukan sebagai komitmen Bank Sumut dalam mematuhi regulasi yang telah ditentukan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

“Sebagaimana diatur dalam Peraturan OJK tentang penerapan Tata Kelola bagi Bank Umum, disebutkan bahwa bank wajib memiliki anggota Dewan Komisaris dengan jumlah paling sedikit tiga orang,” ujarnya. 

Saat ini komisaris Bank Sumut hanya berjumlah dua orang setelah Komisaris Non Independen sebelumnya, Muchammad Budi Utomo diamanatkan menjadi Direktur Utama oleh RUPS-LB Bank Sumut tanggal 23 Agustus 2019 lalu. 

“Maka, untuk menyempurnakan penerapan praktik tata kelola perusahaan yang baik, ditunjuklah satu komisaris lagi. Dapat kami sampaikan kepada masyarakat bahwa formasi Dewan Komisaris Bank Sumut saat ini sudah lengkap,” jelasnya.

Dirut Bank Sumut Muchammad Budi Utomo Sebut Pentingnya Bank dan Media Saling Bersinergi

Ia menerangkan, pengangkatan Komisaris Non Independen ini dilakukan setelah melalui proses uji kemampuan dan kepatutan atau fit and proper test sesuai dengan Peraturan dan Surat Edaran OJK. 

“Komisaris Non Independen yang diangkat telah dinyatakan lulus uji kemampuan dan kepatutan oleh OJK. Oleh Karena itu, seluruh anggota Dewan Komisaris Bank Sumut yang menjabat telah memiliki kompetensi, integritas, dan reputasi keuangan yang memadai dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya,” terangnya.

 Ia  meyakini bahwa dengan ditunjuknya anggota komisaris yang baru, semangat penerapan tata kelola perusahaan yang baik di Bank Sumut akan semakin meningkat seiring dengan pengawasan yang optimal dan tentu saja akan berimplikasi pada peningkatan kinerja.(*)

Editor: Ayu Prasandi
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved