Breaking News:

800 Dari 7.386 Peserta CPNS Pemkab Karo Jalani Ujian SKD Hari Pertama

Ujian dengan metode Computer Assisted Test (CAT) ini, diikuti oleh peserta CPNS lebih kurang 800 peserta.

Penulis: Muhammad Nasrul | Editor: Liston Damanik
Tribun Medan/Muhammad Nasrul
Peserta CPNS di lingkungan Pemkab Karo, menjalani pemeriksaan sebelum memasuki ruangan ujian, di SMPN 3 Berastagi, Jalan Jamin Ginting, Berastagi, Selasa (4/2/2020). 

TRIBUN-MEDAN.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karo, menggelar ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) hari pertama penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), di SMPN 3 Berastagi, Jalan Jamin Ginting, Berastagi.

Ujian dengan metode Computer Assisted Test (CAT) ini, diikuti oleh peserta CPNS lebih kurang 800 peserta.

Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkab Karo Hendra S Bangun, mengungkapkan total CPNS yang akan mengikuti ujian SKD ini sebanyak 7.386 peserta. Dirinya menjelaskan, untuk penyelenggaraan tes SKD CPNS ini akan dilakukan selama depan hari, hingga Selasa (11/2/2020) mendatang.

Dirinya mengatakan, khusus untuk tes di hari perayaan ini direncanakan akan dilakukan sebanyak empat sesi. Di mana setiap sesinya, akan diikuti oleh 200 peserta yang dibagi menjadi dua ruangan.

"Memang awalnya kita berencana melakukan tes setiap harinya itu lima sesi, tapi untuk hari pertama ini kita cuma melakukan tes empat sesi. Tapi mulai besok, kita sudah lakukan sebanyak lima sesi," ujar Hendra, saat ditemui di lokasi ujian, Selasa (4/2/2020).

Amatan www.tribun-medan.com, seluruh peserta menjalani pemeriksaan terlebih dahulu sebelum masuk ke ruangan ujian. Seluruh barang bawaan dari peserta, diminta untuk ditinggalkan di tempat yang telah disediakan.

Menurut informasi, para peserta hanya diperbolehkan untuk membawa kartu ujian dan tanda pengenalnya masing-masing. Selanjutnya, para peserta melakukan registrasi dan kemudian memasuki ruangan ujian.

"Jadi sesuai dengan standar operasional dari BKN, di dalam ruangan ujian memang harus steril. Para peserta juga cuma diperbolehkan membawa kartu ujian dan KTP saja," ungkapnya.

Hendra mengatakan, pada tes SKD ini para peserta diberikan waktu selama 90 menit di setiap sesinya. Kemudian, setiap peserta harus menyelesaikan soal ujian sebanyak 100 soal. Sehingga, soal-soal yang disajikan dengan sistem online ini terus berganti setiap kurang dari satu menit.

Pria berkacamata itu menjelaskan, penyelenggaraan tes CPNS ini pihaknya juga dibantu oleh tim dari Badan Kepegawaian Negeri (BKN) yang langsung turun memantau jalannya ujian. Dirinya menyebutkan, pada pelaksana ujian SKD ini para peserta harus menjalani ujian sebanyak tiga bagian.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved