Lapangan Merdeka Bakal Bebas Rokok, Ini Tanggapan Warga yang Kontra

Plt Walikota Medan, Akhyar Nasution mencanangkan Lapangan Merdeka sebagai sebagai lokasi pertama Kawasan Bebas Rokok dan Sampah.

Lapangan Merdeka Bakal Bebas Rokok, Ini Tanggapan Warga yang Kontra
Tribun Medan/Gita Tarigan
Suasana Lapangan Merdeka, Kesawan Medan, Minggu (10/2/2020). 

TRIBUN-MEDAN.com - Plt Walikota Medan Akhyar Nasution mencanangkan Lapangan Merdeka sebagai sebagai lokasi pertama Kawasan Bebas Rokok dan Sampah dalam acara Car Free Day (CFD), Minggu (10/2/2020).

Rencana itu mendapat respon beragam dari warga Medan.

Seorang pengunjung Lapangan Merdeka, Panji mengatakan Lapangan Merdeka tidak cocok apabila dijadikan kawasan bebas rokok.

"Aku pribadi belum tahu isu itu. Tapi kalau Lapangan Merdeka dibuat bebas rokok aku enggak sepakat, karena ya aneh saja soalnya Lapangan Merdeka ini kan jadi tempat santai banyak orang. Dan ini luas dan tidak tertutup. Masa sih tempat orang bersantai dan ngumpul bareng teman-teman dilarang merokok? Dan lagi kami merokok di lapangan seluas ini, aku rasa enggak bakal mengganggu oranglah," katanya, Senin (10/2/2020).

Ia mengatakan larangan merokok cocoknya diterapkan di tempat-tempat yang lebih eksklusif dan menyangkut kepentingan umum yang lebih spesifik.

"Yang cocok itu ya di angkot, bus, mall, atau hotel. Kalau di Lapangan Merdeka enggak boleh merokok kan lucu. Apalagi di sini setiap sore pasti ada aja anak-anak komunitas yang ngumpul, enggak mungkinlah enggak ngerokok, lagi kami merokok ya berdekatan dengan sesama kami aja. Enggak sampai mengganggu orang-orang," katanya.

Ia berharap Pemko Medan dapat mempertimbangkan dengan baik keputusan tersebut, agar tidak ada pihak yang merasa dirugikan.

"Harapan saya ya dipertimbangkan lagi lah, jangan asal buat saja, tanya dulu masyarakat yang sering ke sini, cocok nggak itu dibuat. Lagian di sini kan banyak penjual rokok keliling mereka juga perlu diperhatikan. Pasti berdampak buat pendapatan mereka, saya harap Pemko mempertimbangkan dengan matang, kalau bebas sampah saya sangat setuju, kalau bebas rokok enggak lah," katanya.

Plt Wali Kota Medan Akhyar saat menghadiri pembukaan CFD mengatakan Lapangan Merdeka akan segera direvitalisasi. Hal tersebut pun akan sejalan dengan dicanangkannya lapangan merdeka sebagai kawasan bebas sampah dan rokok.

Di kesempatan tersebut, Akhyar mendeklarasikan slogan Yok Bikin Cantik Medan yang dimulai dari Lapangan Merdeka sebagai titik nol Kota Medan, dicanangkan sebagai lokasi pertama Kawasan Bebas Sampah dan Bebas Rokok sesuai Perda Kota Medan No 6 Tahun 2015 tentang Pengelolaan Persampahan.

Halaman
12
Penulis: Gita Nadia Putri br Tarigan
Editor: Liston Damanik
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved