Dukung Layanan Baru PDAM Tirtanadi, Pemkot Medan Berharap Jadi Jawaban akan Persoalan Sanitasi

Pemkot Medan mendukung inovasi program layanan limbah terbaru dari PDAM Tirtanadi.

Dok. Humas Pemkot Medan
Acara peluncuran L2T2 dan program L2T3 PDAM Sumut di Rumah Dinas Gubernur Sumut, Selasa (18/2/2020). 

TRIBUN-MEDAN.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Medan menyambut baik dan mendukung inovasi program layanan limbah terbaru Tirtanadi.

Layanan tersebut adalah Layanan Lumpur Tinja Terjadwal (L2TL) dan Layanan Limbah Tinja Tidak Terjadwal (L2T3) yang dilakukan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

Program tersebut diharapkan dapat membersihkan limbah dari air rumah tangga dan air limbah perpipaan di wilayah Medan dan sekitarnya.

Pernyataan itu disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Medan Akhyar Nasution diwakili Kepala Dinas (Kadis) Pertamanan dan Kebersihan Kota Medan M Husni bersama Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Nurul Khairani.

Ia menyampaikan pernyataan itu usai menghadiri peluncuran L2T2 dan program L2T3 PDAM Sumut di Rumah Dinas Gubernur Sumut, Selasa (18/2/2020).

Peluncuran tersebut ditandai simulasi Aplikasi Management Information System (MIS) dan Penyedotan Lumpur Tinja Oleh Petugas PDAM Tirtanadi Sumut. Acara juga diisi santunan kepada anak yatim piatu Al Jamiatul Washliyah.

Husni mengatakan, Pemkot Medan tentunya menyambut baik dan mendukung program ini. Ia berharap program itu mampu menjawab tantangan dan persoalan seputar akses sanitasi yang layak.

Husni melanjutkan, program itu dilakukan sebagai upaya peningkatan kesehatan masyarakat untuk mendorong meningkatnya produktivitas di Sumut, khususnya Kota Medan.

"Program ini tentunya sangat berguna, salah satunya untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang dampak positif dari pengosongan tangki septik secara rutin,” ujar dia dalam keterangan tertulis.

Dampak positif tersebut, imbuh Husni, berguna untuk mencegah pencemaran badan air di sekitar rumah penduduk dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Halaman
123
Penulis: Inang Jalaludin Shofihara
Editor: Kilas KG Media
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved