Maret, Ketua PKK Pusat Kunjungi Warga Stunting di Medan

Stunting dapat mengakibatkan anak lebih pendek atau perawakan pendek dari anak normal seusianya ataupun memiliki keterlambatan dalam berpikir.

KOMPAS.com/IHSANUDDIN
Ketua TP. PKK Pusat Tri Suswati 

TRIBUN-MEDAN.com - Stunting hingga saat ini menjadi momok bagi keluarga di Indonesia.

Stunting merupakan suatu kondisi gagalnya pertumbuhan pada anak yang menyangkut pertumbuhan tubuh dan otak yang umumnya disebabkan oleh kekurangan gizi dalam waktu yang lama.

Stunting dapat mengakibatkan anak lebih pendek atau perawakan pendek dari anak normal seusianya ataupun memiliki keterlambatan dalam berpikir.

Di Medan, kasus stunting dapat ditemui di wilayah Kelurahan Tegal Sari III, Kecamatan Medan Area.

Menurut Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2013, satu dari tiga anak balita di Indonesia mengalami stunting, dengan kata lain sebesar 37,2 persen balita di Indonesia terindikasi stunting.

Pelaksana Tugas (PLT) Ketua TP PKK Kota Medan Hj. Nurul Khairani Akhyar, Rabu (19/2/2020), mengatakan Ketua TP. PKK Pusat Tri Suswati Tito Karnavian akan berkunjung ke lokasi warga stunting di Kantor Kelurahan Tegal Sari III, Kecamatan Medan Area, pada pekan kedua Maret nanti

Ia mengungkapkan alasan dipilihnya Kelurahan Tegal Sari III sebagai lokasi kunjungan karena selain pada lokasi ini telah ditemukan kasus stunting, juga sudah banyak dilaksanakan kegiatan OPD terkait seperti pembinaan kawasan kumuh, kampung KB, dan program pembinaan lainnya.

Nurul mengatakan, penanganan stunting tidak hanya menjadi pekerjaan satu OPD saja,.karena indikator stunting sendiri terdiri dari banyak aspek diantaranya pola asuh anak, kurang gizi, sanitasi yang buruk dan lain sebagainya. Tentunya harus banyak OPD terkait yang terlibat untuk melakukan pembinaan dalam rangka menurunkan angka stunting.

"Kondisi stunting harus kita lawan secara bersama. Tentunya ini harus menjadi bagian dari pekerjaan rumah kita. Menurunkan angka stunting bukan hal yang tidak mungkin jika kita bekerja sesuai dengan porsi dan tupoksinya masing-masing. Dengan adanya kunjungan ini saya berharap kita semua semakin bersemangat untuk menurunkan angka stunting di wilayah ini," kata Nurul.

Terkait dengan persiapan penerimaan kunjungan Ketua TP. PKK Pusat, Nurul juga berharap selain OPD yang terkait dengan penanganan stunting yang telah melakukan pembinaan dan mengedukasi masyarakat selama ini, OPD teknis lainnya turut memberikan bantuannya khusus untuk penerimaan kunjungan tersebut.

Halaman
12
Penulis: Gita Nadia Putri br Tarigan
Editor: Liston Damanik
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved