Fenomena Kapal Hantu Makin Sering Muncul, ternyata Ini Pemicunya, bahkan Melibatkan Bajak Laut

The Flying Dutchman, misalnya, adalah sebuah kapal mitos yang konon ditakdirkan untuk berlayar selamanya dan menjadi momok bagi para pelaut

Fenomena Kapal Hantu Makin Sering Muncul, ternyata Ini Pemicunya, bahkan Melibatkan Bajak Laut
CATHAL NOONAN / AFP
Fenomena Kapal Hantu Makin Sering Muncul, ternyata Ini Pemicunya, bahkan Melibatkan Bajak Laut .'Kapal hantu' sepanjang 80 meter bernama Alta terakhir kali tampak tahun 2019 ribuan kilometer jaraknya dari lokasi tempat ia terdampar. 

Fenomena Kapal Hantu Makin Sering Muncul, ternyata Ini Pemicunya, bahkan Melibatkan Bajak Laut   

Fenomena kapal hantu, maksudnya kapal yang ditemukan tanpa awaknya, adalah fenomena yang sering digambarkan dalam cerita-cerita rakyat, tapi kini makin ditemukan dalam dunia nyata.

The Flying Dutchman, misalnya, adalah sebuah kapal mitos yang konon ditakdirkan untuk berlayar selamanya dan menjadi momok bagi para pelaut yang merasa pernah melihatnya.

Kapal Lady Lovibond kurang dikenal, tapi kapal itu diduga mengalami kerusakan di pantai Kent di Inggris pada Februari 1748.

Kapal itu disebut-sebut selalu muncul kembali sebagai kapal hantu setiap 50 tahun.

Tetapi tidak ada fakta yang mendukung peristiwa kecelakaan itu atau kemunculannya kembali.

David Abulafia, Profesor Emeritus Sejarah Mediterania di Universitas Cambridge dan penulis buku The Boundless Sea: A Human History of the Oceans (Laut Tanpa Batas. Sebuah sejarah samudera-samudera) mengungkap fenomena kapal hantu masa kini "tidak seperti di masa lalu yang lebih sering terjadi ketika perompak menyerang kapal penumpang dan mengambil awaknya sebagai budak, atau mereka dibunuh dan dibuang ke laut.

Kasus terbaru kapal hantu yang menyita perhatian dunia adalah penemuan kapal hantu yang terdampar di pantai County Cork, Irlandia, terbawa oleh cuaca buruk yang melanda Eropa pekan ini.

Kapal kargo yang terombang-ambing itu ditemukan tersangkut di batu karang di desa nelayan di Ballycotton oleh seorang yang lewat.

Kapal ini terbawa arus ribuan kilometer selama lebih dari setahun terakhir, dari tempat asalnya di Bermuda tenggara di tahun 2018 di Samudra Atlantik.

Halaman
1234
Editor: Tariden Turnip
Sumber: bbc
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved