Dari 19.026 Pelamar CPNS Dairi, Cuma 855 Orang Lolos ke Tahap SKB

Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Dairi mengaku belum tahu jumlah pasti pelamar CPNS Dairi yang lulus passing grade

TRIBUN MEDAN / DOHU LASE
Ribuan pelamar CPNS Kabupaten Dairi memadati kantor BKPSDM Dairi, Jalan Ki Hajar Dewantara, Sidikalang, saat masa-masa jelang ujian SKD beberapa waktu lalu. 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Dohu Lase

TRIBUN-MEDAN.COM, DAIRI - Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Dairi mengaku belum tahu jumlah pasti pelamar CPNS Dairi yang lulus passing grade.

Kasubbid Pengadaan, Pemberhentian, dan Informasi BKPSDM Dairi, Rico R Sihombing menyebut, pengumuman nama-nama pelamar yang lulus akan dilakukan oleh BKN. Diperkirakan pada pertengahan Maret 2020 kelak.

"Seperti kata Tim CAT BKN, pelamar yang lulus passing grade sekitar 40 persen dari jumlah peserta SKD keseluruhan, 19.026 orang," tutur Rico, saat ditemui Tribun Medan, Jumat (28/2/2020).

Pengumuman pelamar yang lulus Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), lanjut Rico, diperkirakan pada pertengahan Maret 2020, sedangkan pelaksanaan SKB diprediksi April 2020.

Rico mengatakan, penentuan peserta SKD lulus passing grade yang berhak maju ke tahap selanjutnya, Seleksi Kompetensi Bidang (SKB), menggunakan rumus tiga kali.

"Sebagai contoh, pada suatu formasi dibutuhkan satu, maka pelamar yang ikut SKB adalah tiga peserta SKD dengan skor tertinggi pada formasi tersebut," ujar Rico.

Lebih lanjut, Rico mengaku belum tahu format soal SKB mendatang ini. Begitu juga, dengan lokasi penyelenggaraan ujian. Namun, diduga masih sama seperti tahun lalu.

"Soal-soal SKB kita belum formatnya, tetapi kayaknya akan sama seperti tahun lalu. Soal-soal ujian sesuai bidang jurusan pelamar, jumlahnya 100 soal. Tahun lalu, SKB tetap di Dairi," sebut Rico.

Ia menambahkan, SKB memiliki bobot lebih besar daripada SKD.

Halaman
12
Penulis: Dohu Lase
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved