Akhyar dan Edy Tinjau Eks RSUSM sebagai Pusat Screening Awal Pasien Covid-19

Akhyar Nasution dan Edy Rahmayadi meninjau eks RSUSM sebagai pusat pelaporan awal bagi suspect virus corona.

DOK. Humas Pemkot Medan
Plt Wali Kota Medan Akhyar Nasution saat mendampingi Gubernur Sumut Edy Rahmayadi meninjau eks RSU Sari Mutiara (RSUSM) di Jalan Kapten Muslim No 79 Helvetia Tengah Kecamatan Medan Helvetia, Rabu (18/3/2020). 

TRIBUN-MEDAN.com – Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Akhyar Nasution mendampingi Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi meninjau Rumah Sakit Umum Sari Mutiara (RSUSM) di Jalan Kapten Muslim, No 79, Helvetia Tengah ,Kecamatan Medan Helvetia, Rabu (18/3/2020).

Peninjauan ini dilakukan guna meminta RSUSM untuk menjadi tempat yang disiapkan sebagai pusat screening awal pasien suspect virus corona (Covid-19).

Dalam kesempatan tersebut, Edy mengatakan, gedung rumah sakit itu akan digunakan sebagai pusat pelaporan awal bagi pasien suspect Covid-19 jika terjadi lonjakan.

Apabila setelah dilakukan screening awal terhadap salah satu suspect Covid-19 dan ternyata positif, pasien tersebut akan dirujuk ke RS G. L Tobing di Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang.

"Saya berharap gedung ini dapat dipersiapkan secepat mungkin sebagai tempat evakuasi cadangan lengkap disertai dengan peralatan medis," jelasnya.

Untuk itu, Edy pun meminta masyarakat yang mendapati gejala batuk, flu, dan sesak nafas untuk segera menggunakan masker dan melapor ke fasilitas kesehatan terdekat.

Selain itu, bisa juga datang langsung ke RSU Sari Mutiara dan Rumah Sakit D. L Tobing guna mendapat pemeriksaan awal dan langsung dapat disalurkan ke Rumah Sakit utama dan cadangan.

"Semua dokter dan petugas kesehatan sudah siap untuk memberikan pelayanan kepada seluruh warga,” ungkapnya seperti keterangan tertulisnya.

Selain itu, lanjut Edy, seluruh aparat keamanan TNI Polri akan siap berjaga untuk memberikan rasa aman di setiap rumah sakit.

Setelah itu, Akhyar dan Edy melihat kondisi ruangan yang nantinya akan diubah menjadi  lokasi evakuasi cadangan dan pos penerimaan laporan masyarakat.

Halaman
12
Penulis: Inang Jalaludin Shofihara
Editor: Mikhael Gewati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved